Informasi Kedinasan

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) sebelumnya populer dengan nama Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang didirikan pada tahun 1964.

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) merupakan pendidikan sekolah kedinasan Diploma IV di bidang teknis Pemasyarakatan dengan program kuliah selama 4 tahun (setara S1).

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)
Info Detail

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) sebelumnya populer dengan nama Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang didirikan pada tahun 1964.

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) merupakan pendidikan sekolah kedinasan Diploma IV di bidang teknis Pemasyarakatan dengan program kuliah selama 4 tahun (setara S1). Setelah lulus POLTEKIP, akan ditempatkan dalam Jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasyarakatan atau Analis Pemasyarakatan. Keuntungan lainnya adalah:

Selama pendidikan, peserta tidak dipungut biaya pendidikan (GRATIS perkuliahan).

Setelah lulus akan ditempatkan dalam Jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasyarakatan atau Analis Pemasyarakatan (lulusan POLTEKIP) dan ditempatkan dalam Jabatan Analis Keimigrasian (lulusan POLTEKIM).

POLTEKIP memiliki 3 program studi untuk Diploma 4 yaitu:

  1. Manajemen Pemasyarakatan
  2. Teknik Pemasyarakatan
  3. Bimbingan Kemasyarakatan

D-IV Manajemen Pemasyarakatan

Prodi Manajemen Pemasyarakatan memiliki visi yaitu terpercaya dalam menghasilkan kader pemimpin profesional di bidang Manajemen Pemasyarakatan yang berintegritas dan berwawasan global. Program studi Manajemen Pemasyarakatan dipersiapkan membangun SDM yang mampu menjadi penegak hukum, pengembang organisasi, dan manajer.

Taruna yang telah menyelesaikan pendidikan di Prodi Manajemen Pemasyarakatan akan diberikan gelar S.Tr.Pas berpangkat golongan IIIa. Lulusan prodi ini akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) pemasyarakatan di seluruh Indonesia seperti:

  • Lapas (Lembaga Pemasyarakatan)
  • Rutan (Rumah Tahanan Negara)
  • Rupbasan (Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara)
  • Bapas (Balai Pemasyarakatan)

D-IV Teknik Pemasyarakatan

Prodi Teknik Pemasyarakatan memiliki visi yaitu membentuk kader pemasyarakatan yang jujur, profesional, dan berintegritas serta mampu menjawab tantangan tugas. Prodi ini menitikberatkan kurikulum vokasional dalam bidang teknis pelaksanaan tugas Pemasyarakatan seperti lapas, rutan, dan rupbasan.

D-IV Bimbingan Kemasyarakatan

Prodi ini memiliki visi yaitu mencetak petugas pemasyarakatan yang kompeten, profesional, humanis dan berintegritas dalam bidang penelitian kemasyarakatan, pendampingan, pembimbingan dan pengawasan klien pemasyarakatan yang bertaraf internasional.

Prodi Bimbingan Kemasyarakatan mendidik Taruna sesuai dengan standar nasional serta menghasilkan lulusan Pendidikan Program Studi Bimbingan Kemasyarakatan dengan CPL Prodi dalam aspek Pengetahuan, Keterampilan Umum dan Khusus sesuai dengan KKNI.

Jl. Raya Gandul No.4, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat. POLTEKIP sebelumnya populer dengan nama Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) dimana rentang waktu pendidikannya selama 3 tahun (setara D3). Namun, sejak 2016 AKIP berganti menjadi POLTEKIP (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan) dan masa pendidikannya pun berubah menjadi 4 tahun (setara D4)

Website : https://www.poltekip.ac.id
Instagram : https://www.instagram.com/poltekip_humas
Twitter : https://www.twitter.com/humaspoltekip

Saat nya Lulus AKPOL, AKMIL dan SEKOLAH KEDINASAN bersama AKADEMI TARUNA..!

Beri review