Informasi Kedinasan

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Sekolah Tinggi Transportasi Darat ( STTD ) yang saat ini bernama Politeknik Transportasi Darat Indonesia ( PTDI STTD ) adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung dibawah Kementerian Perhubungan. Cikal bakal Sekolah Tinggi Transportasi Darat bermula dari didirikannya Akademi Lalu Lintas (ALL) pada tanggal 8 September 1951 oleh Presiden Ir. H. Soekarno.

Sejak tahun 2019 Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau disingkat STTD berubah menjadi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD. Perubahan ini diperlukan sebagai upaya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang perhubungan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)
Info Detail

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) yang saat ini bernama Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI STTD) adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung dibawah Kementerian Perhubungan. Cikal bakal Sekolah Tinggi Transportasi Darat bermula dari didirikannya Akademi Lalu Lintas (ALL) pada tanggal 8 September 1951 oleh Presiden Ir. H. Soekarno.

Dengan alasan tertentu pada tahun 1964, ALL tidak dioperasikan atau tidak melakukan kegiatan. Dengan mempertimbangkan pertumbuhan lalu lintas, perkembangan teknologi transportasi jalan dan kompleksitas permasalahan lalu lintas jalan lahirlah gagasan untuk mengaktifkan kembali Akademi Lalu Lintas. Pada tanggal 5 Desember 1980, Akademi Lalu Lintas diaktifkan kembali dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Ahli Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (BPL-ALLAJR), tetapi masih disebut – sebut dengan nama Akademi Lalu Lintas. BPL-ALLAJR hanya menyelenggarakan program Diploma III Ahli LLAJR.

Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan kualifikasi tenaga ahli yang lebih tinggi serta perkembangan sistem pendidikan yang ada maka pada tanggal 10 Maret 2000, dengan Kepres No.41 Tahun 2000 status BPL-ALLAJR ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dan ditingkatkan kembali menjadi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD.

Sejak tahun 2019 Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) berubah menjadi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD. Perubahan ini diperlukan sebagai upaya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang perhubungan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Politeknik STTD menyelenggarakan 2 Program Diploma III, 2 Program Diploma 4, dan 2 Program Pascasarjana:

  1. D-IV Transportasi Darat
  2. D-IV Teknologi Rekayasa Otomotif
  3. D-III Manajemen Transportasi Jalan
  4. D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian
  5. S2 – Pemasaran, Inovasi, Dan Teknologi
  6. S2 – Teknik Keselamatan Dan Resiko

STTD Bekasi, Jkt Tenggara, Jl. Raya Ps. Setu No.58, Mekarwangi, Kec. Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia 17530

Website : https://ptdisttd.ac.id/
Instagram : https://www.instagram.com/ ptdi.sttd.official/
Twitter : https://www.twitter.com/PTDISTTD

Saat nya Lulus AKPOL, AKMIL dan SEKOLAH KEDINASAN bersama AKADEMI TARUNA..!

Beri review