Cara Menjadi Akpol Lengkap dengan Syarat-Syarat dan Proses Mendaftarnya

cara menjadi akpol

Bagi Anda yang ingin masuk Akpol tentunya sudah mempersiapkan diri secara matang. Selain itu, juga diperlukan suatu cara menjadi akpol agar cita-cita Anda bisa berjalan lebih optimal dan lancar. Pada artikel berikut akan dijelaskan selengkapnya mengenai hal tersebut. Anda bisa membacanya  dengan cermat dan teliti.

cara menjadi akpol

1. Syarat Umum Menjadi Akpol

Dalam melakukan proses pendaftaran akmil, Anda harus mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi Akpol. Syarat yang pertama yaitu merupakan warga negara dan kebangsaan Indonesia dengan jenis kelamin perempuan maupun laki-laki.

Syarat yang kedua yaitu bertakwa dan beriman terhadap Tuhan Yang Maha Esa.Yang ketiga yaitu setia terhadap Pancasila, UUD 1945, dan NKRI. Untuk syarat yang keempat yaitu sehat secara rohani maupun jasmani yang dibuktikan melalui surat keterangan sehat dari dokter. 

Syarat yang kelima yaitu telah berusia minimal 18 tahun dan mempunyai SKCK sebagai bukti berkelakuan baik. Syarat yang keenam yaitu jujur, adil, berwibawa, dan tidak berkelakuan buruk. 

2. Syarat Khusus Menjadi Akpol

Selain ada syarat secara umum, ada juga persyaratan secara khusus sebagai cara menjadi akpol yaitu bukan berasal dari anggota institusi TNI, PNS, dan Polri yang pernah mengikuti pelatihan atau pendidikan TNI maupun Polri.  

Lalu, minimal lulusan SMA/MA baik jurusan IPS atau IPA dan bukan lulusan paket A, B, maupun C dengan nilai rata-rata kelulusan atau ujian nasional minimal yaitu 70.00. Selanjutnya, telah berusia minimal 16 tahun dan usia maksimal yaitu 21 tahun. 

Kemudian, tinggi badan untuk perempuan minimal 163 cm dan untuk laki-laki minimal 165 cm. 

Belum menikah dan belum memiliki anak dan bisa menjalani ikatan dinas selama pendidikan berlangsung. Tidak mempunyai tato atau tindikan pada bagian telinga. 

Peserta harus bebas dari narkoba, berkelakuan baik, tidak melanggar norma, dan setia terhadap NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan UUD 1945. Bersedia membuat surat pernyataan bermaterai untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia dan diketahui oleh orang tua/wali.

Peserta bersedia untuk mengikuti secara keseluruhan dalam proses seleksi Akpol dan tidak memiliki ikatan yang berupa perjanjian dengan instansi lainnya. 

3. Cara Mendaftar Akpol

Terdapat beberapa cara menjadi akpol lainnya yang bisa Anda coba yaitu melakukan proses pendaftaran. Pertama, Anda harus mendaftar melalui website resminya yaitu https://polri.go.id/. Kedua, Anda harus memilih jenis seleksi masuk Akpol yang ada pada website tersebut.

Panitia setempat akan membantu Anda jika ada yang kesulitan. Sehingga, Anda bisa bertanya kepada panitia jika ada yang tidak diketahui.

Ketiga, mengisi formulir pendaftaran yang meliputi NIK, identitas diri, dan lain-lain. Pastikan Anda sudah mengisi formulir tersebut dengan benar ya. Keempat, Anda akan mendapatkan username, password, dan nomor registrasi online ketika sudah mendaftar. 

Kelima, Anda harus login terlebih dahulu agar bisa mengakses dashboard untuk mendapatkan informasi terbaru. Keenam, Anda bisa mencetak registrasi online dan menyerahkannya pada Polres terdekat dengan tujuan untuk dilakukan verifikasi.

Bagi anda yang punya cita-cita menjadi anggota Polisi, wujudkan cita-citamu tersebut bersama Akademi Taruna. Akademi Taruna menyediakan layanan bimbel Polri terbaik untuk membantu anda lulus setiap tahapan tes polisi. Hubungi tim kami untuk mendapatkan info lebih lanjut.

2.2/5 - (4 votes)
Picture of akademitaruna

akademitaruna

Leave a Replay

Akademi Taruna

Bimbel spesialis tes sekolah Kedinasan, Tes Polri dan Tes TNI. Program bergaransi lulus.

Recent Posts

Follow Us

Video Menarik Taruna

Dapatkan berita & info menarik pendaftaran