Ini Dia Informasi Gaji Taruna Akpol

Ini Dia Informasi Gaji Taruna Akpol

Taruna Akpol adalah sebuah program pendidikan yang ditujukan untuk anggota Akademi Kepolisian Republik Indonesia (AKPOL). Bagi masyarakat awam mungkin bertanya-tanya berapa gaji taruna akpol. Lalu apakah benar taruna akpol menerima gaji selama masa pendidikannya?

Apakah Taruna Akpol Digaji?

AKPOL merupakan lembaga pendidikan resmi untuk mencetak calon-calon pimpinan di institusi kepolisian Republik Indonesia atau Perwira POLRI. Berdasarkan Peraturan Kapolri No. 21 Th 2010, akademi kepolisian ini merupakan lembaga yang ditunjuk untuk mengadakan pendidikan calon Perwira POLRI di tingkat akademi. 

Lama pendidikan yang ditempuh untuk lulus dari akpol adalah 4 tahun atau 8 semester. Selama program pendidikan, para taruna dan taruni belum mendapatkan gaji. Namun mereka akan mendapatkan uang saku per bulan. Adapun besaran uang saku yang diterima per bulan adalah Rp 300 ribu.

Fasilitas yang Diterima Oleh Taruna Akpol Selama Pendidikan

Di tengah proses pendidikan yang memerlukan waktu 4 tahun, para taruna dan taruni Akpol juga mendapatkan fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut antara lain adalah seragam dan antribut gratis, tempat tinggal gratis, hingga keperluan maka juga gratis.

Tidak hanya itu saja, fasilitas berupa sarana dan prasarana yang tersedia pun sangat lengkap dan bagus mulai dari ruang kelas, computer, hingga ruang auditorium. Untuk memastikan para taruna dan taruni tetap sehat, Akpol juga menyediakan fasilitas kesehatan gratis di RS Bhayangkara. Bahkan menu makan para taruna dan taruni pun sangat diperhatikan untuk memastikan mereka mendapatkan makanan yang bergizi seimbang.

Gaji Taruna yang Baru Lulus Akpol

Setelah lulus dari akpol, taruna akan menerima pangkat Inspektur Polisi Dua atau IPDA dan memperoleh gelar S.Ik atau Sarjana Ilmu Kepolisian.

Gaji anggota polisi sebenarnya hampir sama dengan PNS dan TNI. Gaji polisi, termasuk gaji taruna Akpol setelah lulus telah diatur dalam PP No. 17 Th 2019 mengenai Perubahan Keduabelas PP No. 29 Th 2001 tentang Gaji Anggota Kepolisian RI.

Polisi muda yang baru saja diwisuda dari Akpol akan mendapat pangkat IPDA yaitu jenjang Perwira Pertama. Gaji pokok yang diterima untuk polisi berpangkat IPDA yaitu Rp 2.735.300,-.

gaji taruna akpol

Namun anggota Polri juga tidak hanya menerima gaji pokok tetapi juga ebrbagai macam tunjangan yang diberikan setiap bulan meliputi tunjangan kinerja. Perwira pertama POLRI berpangkat IPDA termasuk kelas jabatan 8 yang artinya berhak mendapatkan tunjangan kinerja Rp 3.319.000,- per bulan.

Selain itu, masih ada tunjangan lainnya seperti tunjangan istri/suami, tunjangan beras, tunjangan lauk pauk, tunjangan anak, tunjangan umum, tunjangan jabatan, dan beberapa tunjangan lagi sesuai peraturan perundang-undangan.

Demikian sedikit informasi mengenai gaji taruna Akpol dan fasilitas yang diterima selama pendidikan. Persaingan untuk masuk di Akpol tergolong ketat karena banyaknya lulusan SMA sederajat yang tertarik untuk mengikuti pendaftaran akmil.

1/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *