Categories
Informasi Kedinasan

Macam Macam Sekolah Kedinasan Yang Ada di Indonesia

Apa sajakah macam macam sekolah kedinasan? Sekolah kedinasan dapat diartikan jenis sekolah tinggi yang terkait dengan lembaga pemerintahan. Dengan kata lain, didirikannya sekolah kedinasan tersebut memiliki tujuan untuk mencetak tenaga kerja di area kepemerintahan.

Bagi sebagian orang, dapat masuk ke sekolah kedinasan merupakan cara mudah menuju kesuksesan. Bagaimana tidak? Banyak diantara sekolah kedinasan menyelenggarakan sistem ikatan dinas dimana para lulusan bisa langsung bekerja di instansi pemerintah dan berstatus sebagai pegawai negeri.

macam macam sekolah kedinasan

Namun tentu saja, ada beberapa jenis sekolah kedinasan yang tidak menyelenggarakan program ikatan dinas. Selain itu, sekolah kedinasan juga bisa dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan aspek kemiliteran. Nah, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai macam-macam sekolah kedinasan.

Ikatan Dinas dan Non-Ikatan Dinas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sekolah kedinasan dapat dibagi menjadi ikatan dinas dan non-ikatan dinas. Hal ini tentu saja jika dilihat dari apakah lulusan akan bisa langsung ditempatkan sebagai pegawai negeri di instansi pemerintah tidak.

Macam macam sekolah kedinasan dengan jenis ikatan dinas biasanya sudah memiliki beberapa tahap tes masuk di awal. Bisa dibilang, tes masuknya lebih banyak dan lebih sulit dibandingkan jenis sekolah kedinasan non-ikatan dinas. Tentu saja, masa depan para mahasiswa selepas kuliah lebih terjamin.

Beberapa jenis sekolah kedinasan dengan program ikatan dinas adalah Sekolah Tinggi Akutansi Negara (PKN STAN), Sekolah Tinggi Inteligen Negara (STIN), Akademi Kepolisian (Akpol), Akademi Militer (Akmil), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), dan Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatoligi, dan Geofisika (STMKG).

Sementara itu, ada pula sekolah kedinasan non-ikatan dinas dimana para lulusan tidak terikat untuk langsung bekerja di instansi tertentu. Ketika menjadi mahasiswa, mereka juga dikenai biaya pendidikan walaupun kemungkinan mendapatkan beasiswa memang ada.

Ada beberapa contoh sekolah kedinasan non ikatan dinas, yaitu Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekes), Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN), dan masih banyak lagi.

Sekolah Militer, Semi Militer, dan Non Militer

Untuk Sekolah kedinasan juga bisa dibagi menjadi beberapa jenis dilihat dari aspek kemiliteran, yaitu sekolah militer, semi militer, dan non militer. Sekolah Militer adalah sekolah-sekolah tinggi yang menyediakan lulusan calon anggota militer Indonesia di bawah naungan TNI dan Polri.

Beberapa contohnya adalah Akademi Militer (Akmil), Akademi Kepolisian (Akpol), Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Akademi Angkatan Udara (AAU). Ingin masuk Akademi Militer? Ikuti bimbel masuk Akademi Militer atau Akmil dari Akademi Taruna. Program bergaransi terbaik.

Sekolah kedinasan semi militer pada hakikatnya adalah sekolah kedinasan pada umumnya. Akan tetapi, kurikulumnya mewajibkan mahasiswa mengikuti pelatihan militer sebagai penunjang keilmuan. Salah satu contohnya adalah Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

Yang terakhir adalah sekolah kedinasan non-militer yang artinya sekolah-sekolah ini sama sekali tidak berbau militer dalam kurikulum dan sistem pendidikannya. Beberapa contoh dari macam macam sekolah kedinasan ini adalah STAN, STIS, Poltekkes, dan sebagainya.

Lulus dari sekolah kedinasan anda akan langsung menjadi PNS. Ngomong-ngomong menjadi PNS anda bisa mengikuti program bimbel masuk CPNS dari kami. Untuk selengkapnya bisa hubungi kami melalui nomer yang ada pada halaman ini.

Beri review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *