Categories
Informasi Kedinasan

Ingin Melanjutkan Perguruan Tinggi? Inilah Informasi Sekolah Kedinasan yang Perlu Anda Ketahui

Setelah lulus SMA/SMK, apakah Anda berminat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi? Para siswa SMA/SMK yang akan lulus biasanya memilih PTN (Perguruan Tinggi Negeri) atau PTS (Perguruan Tinggi Swasta) untuk melanjutkan pendidikan. Namun, tahukah Anda bahwa ada Sekolah Kedinasan yang juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Penjelasan lengkapnya akan Anda temukan dalam artikel ini.

Sekolah Kedinasan

Macam-Macam Sekolah Kedinasan 

Sebelum membahas terlalu jauh tentang Sekolah Kedinasan, sebaiknya Anda memahaminya terlebih dahulu. Sekolah ikatan dinas merupakan perguruan tinggi yang berada dalam naungan institusi pemerintah, bisa dikelola oleh badan pemerintah, lembaga pemerintah, atau kementerian.

Sebagaimana perguruan tinggi pada umumnya, jurusan yang tersedia juga sangat beragam, sehingga Anda bisa memilih jurusan mana yang sesuai dengan bakat dan minat yang Anda miliki. Selama pendidikan berlangsung Anda bisa mengoptimalkan kemampuan yang Anda miliki.

Ada banyak sekali motivasi masuk sekolah kedinasan bagi para siswa, salah satunya adalah kepastian dalam mendapatkan pekerjaan dengan peluang yang cukup besar setelah lulus pendidikan nanti.

Beberapa lulusan dari perguruan tinggi kedinasan ini juga akan ditempatkan di instansi pemerintah yang menaungi sekolahnya, dan menjadi CPNS. Maka tidak heran, Sekolah ikatan dinas memiliki peminat yang begitu banyak.

Berdasarkan program yang diadakannya, Sekolah Kedinasan dibagi menjadi dua, yaitu

1. Sekolah Kedinasan dengan Ikatan Dinas

Sekolah ikatan dinas yang satu ini menyelenggarakan program Ikatan Dinas bagi semua peserta didiknya, yang berarti selama masa pendidikan, peserta didik tidak membayar biaya apapun. Dan setelah lulus nanti, akan ditempatkan di lembaga pemerintah terkait sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara).

Beberapa Sekolah Kedinasan yang menerapkan program Ikatan Dinas diantaranya adalah,

  1. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)
  2. AKPOL (Akademi Kepolisian)
  3. AKMIL (Akademi Militer)
  4. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
  5. Polstat STIS (Politeknik Statistika STIS)
  6. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)

2. Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas

Sedangkan untuk Kedinasan Non Ikatan Dinas, peserta didik harus membayar biaya pendidikan sendiri, dan nantinya setelah lulus tidak langsung ditempatkan di instansi pemerintah sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) atau pegawai pemerintah lainnya.

Beberapa Sekolah Kedinasan yang tidak menerapkan program Ikatan Dinas diantaranya adalah,

  1. STPN (Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional)
  2. STTN (Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir)
  3. Politeknik Kesehatan
  4. Politeknik Pariwisata
  5. STMM MMTC (Sekolah Tinggi Multi Media MMTC)
  6. Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Tentunya Anda sudah memahami perbedaan ikatan dinas dan kedinasan bukan? Bahwa kedinasan merupakan perguruan tingginya, sedangkan ikatan dinas merupakan program yang diterapkan oleh perguruan tinggi tersebut.

Selain terbagi menjadi 2 jenis program tersebut, Sekolah Kedinasan juga terbagi menjadi 3 berdasarkan jenis pendidikannya, yaitu

3. Sekolah ikatan dinas Militer

Khususkan untuk calon anggota militer Indonesia, baik itu TNI maupun Polri. Beberapa Sekolah Militer yang bisa Anda pilih diantaranya adalah,

  1. Akademi Militer (AKMIL)
  2. Akademi Kepolisian (AKPOL)
  3. Akademi Angkatan Udara (AAU)
  4. Akademi Angkatan Laut (AAL)

4. Sekolah Ikatan Dinas Semi Militer

Pada sekolah ini, peserta didik tidak hanya mendapatkan pendidikan sesuai dengan jurusannya masing-masing, tetapi juga mendapatkan pendidikan militer. Beberapa rekomendasi Sekolah Semi Militer yang ada di Indonesia diantaranya adalah,

  1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
  2. Politeknik Imigrasi(POLTEKIM)
  3. Politeknik Ilmu Permasyarakatan (POLTEKIP)
  4. Kementerian Perhubungan

5. Sekolah Kedinasan Non Militer

Untuk sekolah yang satu ini fokus pada bidang akademik peserta didik saja, dan tidak mengajarkan pelatihan militer. Beberapa Sekolah Kedinasan non Militer yang bisa Anda pertimbangkan diantaranya adalah,

  1. Politeknik Keuangan Negara STAN
  2. Politeknik Statistika STIS
  3. Politeknik Siber dan Sandi Negara
  4. Sekolah Pariwisata

Program lain yang mungkin anda suka bimbel CPNS dan PPPK.

Jadwal Pendaftaran 

Setelah mengetahui beberapa macam Sekolah Kedinasan, tentunya Anda sudah memiliki gambaran akan memilih yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Maka dari itu, Anda harus selalu update dengan jadwal pendaftarannya agar tidak ketinggalan.

Sayangnya, untuk jadwal terbaru belum ada informasi lebih lanjut. Namun, jika melihat jadwal pendaftaran tahun ini, Anda bisa memperkirakan kapan jadwal pendaftaran akan dibuka untuk tahun depan. Berikut ini jadwal pendaftaran untuk kedinasan jalur reguler yang bisa Anda jadikan sebagai acuan tahun depan.

  1. Pengumuman Pendaftaran mulai dari 1-8 April 2022
  2. Pendaftaran Sekolah Kedinasan mulai dari 9-30 April 2022
  3. Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan pada bulan Mei-Juni
  4. Seleksi lanjutan jadwalnya sesuai dengan masing-masing sekolah

Setelah mengetahui perkiraan jadwal pendaftaran untuk Sekolah Kedinasan, tentunya Anda juga perlu mengetahui persyaratan yang perlu Anda persiapkan. Beberapa dokumen persyaratan tersebut diantaranya adalah,

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Ijazah SMA/SMK sederajat
  • Rapor SMA/Sederajat
  • Pas foto terbaru
  • Dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan masing-masing Sekolah Kedinasan 

Rekomendasi Buku Kedinasan 

Tentunya untuk bisa masuk dan menjadi peserta didik bukanlah sesuatu yang mudah. Anda perlu melalui beberapa tes terlebih dahulu, dan jika hasilnya memuaskan maka Anda bisa masuk. Oleh karena seleksi yang cukup sulit, setiap tahun akan ada buku-buku latihan soal yang bisa Anda pelajari.

Untuk mempersiapkan berbagai rangkaian tes masuk tersebut, Anda bisa mempelajari buku-buku yang direkomendasikan, seperti

1. Grand Master Tes Masuk Sekolah Kedinasan

Buku ini berisi ringkasan materi, latihan soal beserta pembahasan, tips dan trik mengerjakan, dan ada juga beberapa paket seleksi mulai dari SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar, psikotes, hingga integritas dan kejujuran.

Untuk materi SKD sendiri terdiri dari tes wawasan kebangsaan atau materi TWK SKD kedinasan, tes intelegensi umum, serta tes karakteristik pribadi.

2. Bank Soal Tes Masuk Sekolah Kedinasan

Sebagaimana namanya, buku ini berisi kisi-kisi materi untuk tes masuk, paket soal tes potensi akademik, tes psikologi, serta prediksi soal untuk ujian masuk Sekolah Kedinasan.

3. Best Score TPA Kedinasan

Buku ini sangat direkomendasikan untuk siswa SMA yang ingin melanjutkan perguruan tinggi, yang mana berisi Tes Potensi Akademik atau TPA yang tidak diajarkan dan tidak Anda temukan di sekolah SMA.

4. Panduan Resmi Tes Akademik Kampus Kedinasan

Anda juga bisa menggunakan buku ini sebagai referensi untuk belajar dan mempersiapkan tes masuknya. Buku Panduan Resmi ini berisi tips dan trik saat menjalankan tes akademik, informasi pendaftaran, contoh soal TKP kedinasan, paket soal dan pembahasannya, dan pembahasan lengkap terkait tes lainnya yang perlu Anda persiapkan.

Itulah beberapa informasi terkait Sekolah Kedinasan yang perlu Anda ketahui sebelum Anda melakukan pendaftaran, mulai dari macam-macam sekolah yang tersedia, syarat pendaftarannya, perkiraan jadwal pendaftaran, hingga rekomendasi buku-buku yang bisa Anda pelajari.

Nah, untuk anda yang ingin masuk sekolah kedinasan. Persiapkan dari sekarang! Ikuti bimbel kedinasan Akademi Taruna untuk menunjang persiapan anda.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *