Categories
Akpol Polri

3 Syarat Fisik Masuk Polisi

Banyak yang mengidam-idamkan untuk menjadi taruna akmil. Sejak kecil bahkan banyak anak-anak yang sudah bercita-cita untuk menjadi tentara atau polisi atau pemadam kebakaran dan semacamnya.

Pekerjaan seperti itu memerlukan kondisi fisik yang prima dan harus memenuhi syarat fisik tertentu. Jadi kalau hendak masuk kepolisian maka selain beberapa persyaratan administratif juga akan ada beberapa persyaratan fisik juga. Berikut ini beberapa Syarat fisik masuk Polisi yang wajib dipenuhi.

syarat fisik masuk polisi

Syarat Tinggi Badan Minimal

Syarat fisik utama yang wajib dipenuhi untuk menjadi seorang anggota POLRI ialah tinggi badan. Hal ini mutlak dan berlaku untuk tiap jenis kelamin. Tinggi badan minimal bagi calon anggota polisi pria ialah 165 cm. Sedangkan syarat tinggi badan minimal bagi calon anggota polisi wanita ialah 163 cm.

Ukuran tinggi badan ini akan dicek sejak proses seleksi tahap awal dan menjadi syarat minimal agar bisa lolos seleksi fisik. Bagi yang tinggi badannya kurang dari ketentuan ini tentunya tidak akan memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya. Sehingga hal ini perlu dipersiapkan sejak jauh-jauh hari sejak masih kecil dan remaja dengan konsumsi nutrisi yang cukup.

Berat Badan Ideal

Meski setelah menjadi polisi banyak yang berat badannya berlebih dan menjadi gemuk bahkan buncit tapi pada saat awal masuk ada persyaratan berat badan ideal. Bisa pergunakan kalkulator indeks massa tubuh guna mengetahuinya. Rumus berat badan ideal juga dibedakan antara bagi polisi pria dan polisi wanita sesuai jenis kelaminnya. 

Rumus Berat Badan Ideal bagi Pria

Berat badan ideal (kg) = ((tinggi badan (cm) -100) – (tinggi badan (cm) – 100)) x 10 % 

Rumus Berat Badan Ideal bagi Wanita

Berat badan ideal (kg) = ((tinggi badan (cm) -100) – (tinggi badan (cm) – 100)) x 15 % 

Tidak Ada Cacat Fisik

Syarat fisik berikutnya adalah tidak ada cacat fisik pada tubuh secara menyeluruh dari kepala sampai kaki. Dalam hal ini beberapa bagian tubuh yang akan diperiksa biasanya adalah pada bagian mata, dan gigi, serta kaki.

Kondisi Mata

Kondisi mata harus sehat. Tidak ada kecacatan pada mata yaitu seperti kasus mata minus, dan buta warna, juga katarak, dan lain sebagainya. 

Kondisi Gigi

Kondisi gigi juga sehat. Gigi lengkap dan susunan giginya rapi, tak ada gigi yang berlubang, juga gigi depan tidak maju. Tak ada gigi yang patah atau dicabut satupun. Juga tidak mengenakan gigi palsu.

Kondisi Kaki

Kondisi kaki juga normal dan sehat. Dalam hal ini tidak memiliki bentuk kaki O ataupun kaki X. Juga tidak mempunyai riwayat pernah mengalami patah tulang baik pada tangan maupun kaki.

Itulah beberapa syarat fisik masuk Polisi yang harus dipenuhi ketika ingin mendaftarkan diri menjadi polisi.

Rekomendasi yang mungkin anda suka = ikuti bimbel POLRI dari Akademi Taruna untuk persiapan lebih matang menghadapi tes masuk POLR. Program Bergaransi.

4.3/5 - (6 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *