Akpol Jalur Prestasi, Simak Informasinya!

Akpol Jalur Prestasi, Simak Informasinya!

Akpol atau Akademi Kepolisian merupakan salah satu profesi yang banyak diburu oleh kebanyakan orang. Mereka berpikir dengan menjadi anggota kepolisian akan membawa prospek karir masa depan yang cemerlang. Makanya tidak heran juga banyak orang yang melakukan usaha demi bisa masuk Akpol. 

akpol jalur prestasi

Untuk masuk Akpol sendiri terdapat beberapa jalur, termasuk salah satunya mungkin Anda mendengar ada Akpol jalur prestasi. Benar atau tidaknya Kita simak dan bahas pada artikel ini. Kira-kira ada jalur apa saja untuk seseorang bisa masuk atau mendaftar Akpol? 

Apa Saja Jalur Masuk Akpol?

Peminat terbanyak selain menjadi taruna Akmil yaitu taruna Akpol, terbukti dari berbagai wilayah yang tersebar di Indonesia berminat mendaftarkan diri mengikuti tes Akpol. Hebatnya lagi pada pendaftaran Akpol dan yang lolos pun berasal dari berbagai kalangan.

Baik menengah ke bawah maupun ke atas semuanya tidak ada pengecualian. Siapa yang memang dianggap pantas dan lolos dalam setiap tes yang diadakan maka dialah yang berhak mengikuti pendidikan Akpol.

1. Jalur Masuk Bagi Lulusan SMA/Sederajat

Bagi Anda yang berada di bangku SMA/Sederajat dapat mempersiapkan diri untuk mendaftar sebagai Akpol. Pada jalur ini Anda bisa menempuh pendidikan untuk 3 posisi yaitu:

Tamtama

Pendidikan yang pertama ini akan ditempuh kurang lebih selama 5 bulan, pendidikan teknis akan didapatkan. Setelah lulus pangkat yang didapat adalah Bhayangkara Dua (Bharada)

Bintara

Selanjutnya Bintara kurang lebih 7 bulan pendidikan lamanya di SPN (Sekolah Polisi Negara). Di sini akan belajar mengenai teknis lapangan dan tenaga operasional. Setelah lulus akan mendapat pangkat Brigadir Dua (Bripda)

Taruna Akpol

Pendidikan ini akan ditempuh selama 4 tahun dan akan mendapat gelar akademis Sarjana Ilmu Kepolisian. Sementara untuk pangkat yang didapat yaitu Inspektur Polisi Dua (Ipda).

2. Jalur Masuk Bagi Sarjana (SIPSS)

Untuk jalur ini bisa digunakan bagi para polisi yang menjadi lulusan Sarjana lewat Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS). Pendidikan akan ditempuh paling singkat 6 bulan dan akan mendapat pangkat setara dengan Ipda.

Akpol Jalur Prestasi

Apakah bisa masuk Akpol jalur prestasi? Sejak tahun 2017 sudah ada perekrutan dalam pendidikan Akpol khusus jalur prestasi. Seperti membuka perekrutan bagi para santri pondok pesantren, khususnya mereka yang hafal al-Qur’an atau hafidz dan mereka yang memiliki prestasi di bidang agama. Bisa jadi mereka yang pernah juara dalam MTQ, MQK,  atau juara agama tingkat provinsi. 

Jadi, tidak ada salahnya bagi Anda yang berada di Pondok pesantren untuk mengikuti pendaftaran masuk Akpol. Selain merekrut calon Akpol dari kalangan pesantren, Anda yang di luar itu jangan berkecil hati.

Karena tidak menutup kemungkinan juga Anda yang berprestasi di SMA atau bahkan sejak di bangku SD bisa memanfaatkannya sebagai tiket masuk Akpol. Demikian beberapa informasi mengenai Akpol jalur prestasi, Semangat dan Selamat mencoba. Terimakasih.

Jangan lupa untuk mengikuti program pelatihan tes masuk polisi dari Akademi Taruna. Program terbaik yang bisa membantu anda lulus berbagai macam tes masuk Polri. Hubungi kami sekarang juga.

akpol jalur prestasi
5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *