Categories
Akpol Polri

Di Akpol Ada Jurusan Apa Saja? Simak Info Lengkapnya!

Jurusan Akpol. Cita-cita menjadi seorang Polisi adalah ungkapan yang mungkin banyak ditemukan pada anak-anak yang masih dini. Namun, bisa jadi apa yang Mereka ungkapkan sejak kecil menjadi impian di masa mendatang. Bahkan tidak sedikit juga orangtua yang menaruh harapan besar untuk anak-anaknya bisa menjadi seorang Perwira Polisi.

akpol jurusan

Jika dahulunya Akpol dan Akmil masih bergabung saat ini keduanya sudah terpisah termasuk taruna Akpol dan taruna Akmil. Setiap mereka yang hendak menjadi polisi maka harus menempuh pendidikan terlebih dahulu.

Tentunya peserta didik akan mengambil pendidikan yang erat kaitannya dengan dunia kepolisian. Jenjang pendidikan yang ditempuh juga berbeda-beda mulai dari Tamtama, Bintara, Diploma, Taruna, dan Magister. Untuk waktu dan pendidikan yang didapatkan pun juga beragam tergantung program yang akan diambil.

Jurusan Akpol

Ketika Anda memutuskan untuk masuk ke dunia Akpol artinya sama saja dengan masuk sekolah kedinasan. Di mana Akpol sendiri juga masuk ke dalam salah satu lembaga pendidikan milik Pemerintah. Dinaungi oleh Kementrian Pertahanan Nasional RI sehingga jenjang pendidikan di Akpol setara dengan S1. 

Tingkat pendidikan dapat dipilih sesuai dengan pangkat yang diperoleh ketika lulus, begitupun dengan waktu pendidikan tidak selalu sama. Mulai dari pendidikan Tamtama Kepolisian, pendidikan Bintara Kepolisian, pendidikan Taruna Kepolisian, dan lain-lainnya. Untuk jurusan Akpol terdiri dari:

  1. Kriminologi
  2. Pendidikan Militer
  3. Pendidikan Intelijen

Ketiga jurusan tersebut dapat dipilih oleh setiap Akpol  yang menempuh pendidikan. Lantas dengan beberapa jurusan tersebut pelajaran apa saja yang akan mereka terima? Untuk melengkapinya simak mata kuliah apa saja yang akan dipelajari oleh setiap Akpol yang hendak menjalankan pendidikannya berikut ini!

Mata Kuliah Akpol 

Mata kuliah yang disediakan dan dapat Anda pilih antara lain yaitu:

  1. Kriminologi Forensik
  2. Psikologi Forensik
  3. Kedokteran Forensik
  4. Hukum Perdata
  5. Bahasa Inggris
  6. Sosiologi 
  7. Beladiri Polri

Itulah beberapa informasi mengenai jurusan dan mata kuliah yang akan didapatkan oleh setiap Akpol. Ketika seorang Akpol telah menyelesaikan jenjang pendidikan kuliahnya tentu selain bertanggung jawab dan memiliki kewajiban dalam keamanan negara mereka memiliki prospek kerja dan karir. Apa saja peluang karir untuk para lulusan Akpol ini?

Prospek Kerja dan Karir Akpol Mendatang

Di bawah ini adalah gambaran atau informasi mengenai prospek kerja dan karir calon-calon Akpol, antara lain yaitu:

  • Intel Polisi/Militer
  • Pengawas/Penyidik Kebakaran
  • Detektif/Investigator Swasta
  • Direktur Manajemen Darurat
  • Reserse Polisi

Selain itu lulusan-lulusan ini bisa mendapatkan posisi yang berbeda sesuai keputusan dari atasan Polri misalnya:

  • Penyidik Kepolisian
  • Anggota Brimob
  • Administrasi Kepolisian
  • Anggota Polisi Lalu Lintas
  • Polisi Pamong Praja, dan lain sebagainya

Demikian beberapa informasi terkait jurusan Akpol, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Ikuti bimbel akpol untuk membuat perjuangan kamu masuk Polri menjadi lebih mudah. Klik gambar dibawah ini untuk info lebih lanjut.

akpol jurusan
5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *