Semua Yang Anda Butuh Tahu Tentang Cara Masuk Akpol Lulusan SMA

cara masuk akpol lulusan sma

Apakah Anda mau tahu cara masuk akpol lulusan SMA? Akademi polisi (akpol) merupakan salah satu lembaga pendidikan di mana Anda bisa mendapatkan posisi Perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dengan pangkat inspektur polisi dua.

Jika Anda ingin menjadi Perwira pertama polri, Anda dapat ikut akpol supaya Anda dapat  menjadi perwira pertama kepolisian negara republik Indonesia yang berprofesi jika ikut lembaga pendidikannya. Maka, Anda mungkin ingin mengikuti lembaga akpol setelah lulusan SMA, karena orang biasanya dapat mengikuti akpol setelah lulus SMA.

cara masuk akpol lulusan sma

Walaupun Anda sudah memiliki pengertian umum tentang akpol, Anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan yang terkait dengan akademi polisi. Salah satu pertanyaan tentang akademi polisi yang Anda mungkin punya yaitu bagaimana mengikuti akpol setelah lulus SMA? Ya, jika itu pertanyaan yang Anda memiliki, jangan terlalu khawatir. Kita akan memberi tahu kepada Anda bagaimana Anda dapat mengikuti akpol setelah lulus SMA.

Ayow ikuti bimbel masuk Polri dari Akademi Taruna untuk persiapan lebih matang mengikuti tes masuk Polisi yang sulit.

Apa Yang Dimaksud Dengan Akpol?

Sebelum kita lanjut ke pembahasan bagaimana cara masuk akpol setelah Anda lulus SMA. Terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu akademi kepolisian agar kita dapat memahami cara daftar ke akpol. Akademi kepolisian, atau disebut juga akpol, adalah sebuah lembaga pendidikan yang tujuannya agar siswa dapat mencetak Perwira Polri dengan inspektur polisi dua, dan mereka menjadi perwira pertama dengan keterampilan profesional yang baik.

Akpol berbeda dengan akademi militer, lulusan akpol biasanya menjadi Perwira Polri dengan pangkat inspektur polisi dua. Sedangkan lulusan AKABRI biasanya menjadi perwira TNI dengan pangkat letnan dua (sesuai dengan cabang masing-masing). Jadi berhati-hatilah mau mendapatkan pendaftaran akmil atau akpol karena keduanya memiliki tujuan akhir yang sangat berbeda.

Bagaimana Cara Masuk Akpol Setelah Lulus SMA?

Nah, setelah kita sudah tahu lebih banyak tentang akademi kepolisian, kita akan lanjut ke pembahasan utama yang kita akan jelaskan, yaitu cara masuk akpol lulusan SMA.

Pertama kali, Anda butuh lihat jika Anda memenuhi semua syarat yang diberikan untuk menjadi anggota Polri. Beberapa contoh syaratnya yaitu umur paling rendah menjadi anggota Polri yaitu 18, merupakan warga negara Indonesia, sehat dalam arti jasmani dan rohani, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan syarat lain-lain yang Anda dapat menemukan di akpol tertentu.

Setelah itu, Anda bisa daftar lewat internet saat waktu pendaftaran Polri, dan jika Anda memenuhi semua syarat, Anda dapat diterima oleh akpol tertentu.

Kesimpulan

Untuk kesimpulannya, jika Anda ingin tahu cara masuk akpol lulusan SMA, ya, Anda dapat masuk setelah lulusan SMA jika memenuhi beberapa syarat masing-masing yang diberikan oleh akpol. Walaupun syarat tersebut mending banyak, jika Anda ingin masuk ke lembaga pendidikan akademi kepolisian, itu yang harus Anda lakukan. Setelah rasanya syarat semua dipenuhi, Anda dapat coba daftar lewat online di situs akpol tersebut.

4/5 - (1 vote)
Picture of akademitaruna

akademitaruna

Leave a Replay

Akademi Taruna

Bimbel spesialis tes sekolah Kedinasan, Tes Polri dan Tes TNI. Program bergaransi lulus.

Recent Posts

Follow Us

Video Menarik Taruna

Dapatkan berita & info menarik pendaftaran