Categories
Akpol Informasi

Apa Saja Perbedaan Akpol Dan Bintara?

Apakah Anda ingin tahu apa saja perbedaan akpol dan bintara? Akademi polisi atau disebut juga sebagai akpol merupakan salah satu lembaga pendidikan di mana Anda bisa mendapatkan posisi Perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dengan pangkat inspektur polisi dua. Inspektur polisi dua merupakan pangkat polisi yang cukup tinggi. Maka, Anda mungkin ingin mengikuti lembaga akpol jika ingin dapat menjadi anggota Polri dengan pangkat inspektur polisi dua.

perbedaan akpol dan bintara

Selain pangkat inspektur polisi dua, Anda mungkin menanyakan perbedaan antara mengikuti akpol dan menjadi bintara. Bagaimanapun juga, pangkat inspektur polisi dua dan bintara rasanya hampir sama, maka apa yang membedakan antara mengikuti akpol dan menjadi bintara? Ya, jika Anda mempunyai pertanyaan seperti itu, jangan terlalu khawatir. Kita akan menjelaskan kepada Anda tentang akpol, bintara, dan perbedaan antara mengikuti akpol dan menjadi bintara.

Apa Yang Dimaksud Dengan Akademi Polisi dan Bintara?

Sebelum kita lanjut dengan pembahasan tentang perbedaan akademi polisi dan bintara, pertama kali kita butuh tahu apa yang dimaksud dengan kedua topik tersebut. Kita butuh lebih paham akpol dan bintara supaya kita dapat lebih mudah memahami perbedaan antara kedua tersebut. Nah, tanpa terlalu banyak omongan, ayo, kita mengetahui apa yang dimaksud dengan kedua topik tersebut.

Untuk pertanyaan akpol, akademi polisi merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak calon untuk menjadi Perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dengan pangkat inspektur polisi dua.

Pendaftaran akpol memiliki akhir tujuan yang berbeda dengan pendaftaran akmil. Karena akpol bertujuan untuk memilih Perwira Polri, sedangkan akmil bertujuan untuk membentuk Perwira TNI AD. Akpol memiliki banyak syarat yang wajib dipenuhi supaya Anda terpilih.

Sedangkan, bintara merupakan salah satu golongan pangkat kepolisian dan ketentaraan yang posisinya lebih rendah daripada inspektur polisi dua, tetapi lebih tinggi daripada tamtama. Bintara biasanya bertugas untuk membimbing para tamtama yang dipimpin oleh seorang sersan. Bintara juga bertujuan sebagai penghubung antara tamtama dan perwira.

Apa Perbedaan Antara Akpol dan Bintara?

Setelah itu, kita akan lanjut ke pertanyaan utama, yaitu perbedaan akpol dan bintara. Pertama, jika seseorang sudah lulusan akpol dan menjadi Perwira Polri dengan pangkat inspektur polisi dua. Seorang perwira memiliki posisi yang lebih tinggi dibanding pangkat bintara.

Bintara juga bertugas sebagai penghubung antara tamtama dan perwira. Sedangkan seorang Perwira Polri lebih bertanggung jawab kepada keamanan dan ketertiban masyarakat dan memiliki lebih banyak kewajiban. 

Kesimpulan

Untuk kesimpulannya, perbedaan akpol dan bintara cukup banyak. Perwira Polri dan Bintara memiliki pangkat yang berbeda posisi, dengan bintara lebih rendah dibanding Perwira Polri/Inspektur polisi dua. Jika Anda mau tahu mana yang Anda mau daftar, ya, itu tergantung apa yang Anda mau dengan pilihannya.

Ada berita bagus untuk anda yang ingin menjadi anggota POLRI khususnya Akpol dan Bintara. Akademi Taruna hadir dengan bimbel akpol dengan program pelatihan simulasi tes masuk Akpol dengan sistem karantina dan privat. Program pelatihan dan bimbingan belajar ini bergaransi lulus lho, cek selengkapnya dibawah ini.

Beri review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *