Categories
Akpol Informasi

Syarat Masuk Akpol: Semua Yang Anda Butuh Tahu

Apakah Anda ingin tahu apa saja syarat masuk akpol? Akademi polisi merupakan salah satu lembaga pendidikan di mana Anda dapat mencetak Perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia (Atau disebut juga, Polri).

Akpol dapat membantu orang untuk menjadi perwira pertama kepolisian negara republik Indonesia yang berprofesi jika pada ikut lembaga pendidikannya. Maka, Anda mungkin ingin mengikuti lembaga akpol supaya menjadi perwira pertama Polri yang baik dan bermoral.

Walaupun Anda sudah memiliki pengertian umum tentang akpol, Anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan terkait dengan lembaga pendidikan ini. Salah satu pertanyaan yang paling penting di antaranya yaitu apa saja syaratnya untuk memasuk akpol?

Ya, jika Anda memiliki pertanyaan seperti itu, jangan terlalu khawatir. Kita akan memberi tahu kepada Anda semua yang Anda butuh tahu tentang syarat untuk memasuk akpol yang benar.

Apa Itu Akpol?

Sebelum kita lanjut dengan pertanyaan syarat untuk memasuk akademi polisi, pertama kali kita butuh tahu apa itu akpol supaya kita dapat paham syaratnya. Akademi polisi, atau disebut juga akpol merupakan salah satu lembaga pendidikan, dengan tujuan supaya para pelajar dapat mencetak Perwira pertama Polri dengan pangkat inspektur polisi dua, dan dapat menjadi perwira pertama Polri yang berprofesi baik.

Akpol memiliki perbedaan daripada akademi militer, karena lulusan akademi polisi biasanya menjadi perwira pertama pada Polri, sedangkan lulusan akademi militer biasanya menjadi perwira TNI Angkatan Darat dengan pangkat letnan dua (sesuai dengan korps masing-masing). Maka, perhatikan jika Anda ingin mendapatkan pendaftaran akmil atau akpol karena kedua mereka memiliki tujuan akhir yang sangat berbeda.

Apa Saja Syarat-Syarat Untuk Mengikuti Lembaga Pendidikan Akademi Polisi?

Nah, setelah kita sudah tahu lebih mendalam tentang akademi polisi, topik utama yang kita akan bahas sekarang adalah syarat masuk akpol. Akpol memiliki banyak syarat jika Anda ingin mengikutinya. Beberapa syarat-syarat untuk masuk akpol akan disebut di bawah, yaitu:

  • Pelajar tidak termasuk anggota Polri, TNI, atau PNS.
  • Saat pembukaan pendidikan, umur peserta minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun.
  • Tinggi badan pria minimal 165 cm, perempuan 163 cm.
  • Belum pernah menikah, hamil, atau melahirkan dan memiliki anak kandung, dan tidak menikah selama pendidikan berjalan.
  • Memiliki ijazah minimal SMA/MA jurusan IPA atau IPS.
  • Tidak memiliki tato dan tindik (Kecuali ketentuan agama/adat)
  • Bebas narkoba yang dinyatakan berdasarkan hasil pemeriksaan oleh panitia daerah atau pusat.
  • Tidak melanggar norma agama, kesusilaan, sosial, dan hukum.
  • Calon yang gagal mengikuti syarat dalam seleksi tidak dapat daftar lagi.
  • Mendapat tujuan dari orang tua atau wali.
  • Bersedia mengikuti IPD selama 10 tahun saat diangkat menjadi Perwira Polri.
  • Tidak mendukung atau mengikuti organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kesimpulan

Untuk kesimpulannya, jika Anda ingin mengikuti akpol, Anda harus memenuhi syarat masuk akpol yang cukup banyak, dan yang kita sebutkan saja mungkin bukan semua syaratnya. Pilihan untuk daftar pada akpol bukan mudah, hal ini dikarenakan syaratnya mending banyak. Jadi, Anda harus perhatikan syaratnya dengan hati-hati jika ingin mengikuti akpol.

Ada peluang besar untuk anda yang ingin lulus Akpol, ikuti bimbel Akpol dari Akademi Taruna. Dimana jika anda selama mengikuti bimbingan belajar masuk Akpol ini anda akan dilatih dan diberikan tips bisa lulus Akademi Kepolisian. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.

3.4/5 - (7 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *