Panduan Lengkap Pendaftaran IPDN: Daftar, Verifikasi, dan Seleksi

pendaftaran online IPDN

Selamat datang di Akademi Taruna, mitra terpercaya dalam persiapan pendaftaran IPDN. Jika Anda memiliki impian untuk menjadi Taruna IPDN, kami siap membantu Anda memahami tata cara pendaftaran yang unik dan mengikuti langkah-langkah yang diperlukan. Dengan mengacu pada informasi terbaru yang kami kumpulkan, kami akan memberikan panduan lengkap agar Anda dapat mengikuti proses pendaftaran IPDN dengan mudah.

pendaftaran IPDN

Persyaratan Pendaftaran

Sebelum memulai proses pendaftaran, ada beberapa persyaratan masuk IPDN yang perlu Anda perhatikan. Beberapa persyaratan umum termasuk:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada tanggal 1 Januari
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau setara
  • Nilai rata-rata minimal 70
  • Memiliki ijazah atau surat keterangan
  • Menandatangani fakta integritas
  • Tidak bertato
  • Tidak menggunakan kacamata
  • Belum pernah menikah
  • Belum pernah diberhentikan dari Pajara IPDN
  • Tidak boleh mengundurkan diri setelah lulus
  • Bersedia untuk tidak menikah selama pendidikan
  • Jika terbukti melakukan pelanggaran, akan dinyatakan gugur

Proses Pendaftaran

Buat Akun

Akses situs resmi https://sscasn.bkn.go.id dan ikuti langkah-langkah pembuatan akun. Selain itu, kunjungi juga situs https://dikdin.bkn.go.id untuk membuat akun SSCN dikdin. Isi formulir dengan data NIK, KK, email, password, dan informasi lain yang diminta. Setelah itu, tunggu konfirmasi melalui email terdaftar. Akun Anda siap digunakan.

Pengisian Biodata

Setelah berhasil membuat akun, masuk kembali ke situs https://sscasn.bkn.go.id menggunakan NIK dan password yang telah Anda buat. Isi biodata dengan lengkap, termasuk data diri, data keluarga, keuangan, dan riwayat pendidikan. Pastikan semua informasi terisi dengan benar.

Unggah Berkas

Setelah mengisi data, jangan lupa untuk mengunggah berkas-berkas persyaratan yang diminta. Pastikan ukuran file sesuai dengan format yang diinstruksikan. Setelah semua selesai, kirim berkas secara online dan tunggu hasil verifikasi.

Verifikasi & Pengumuman SKD

Proses verifikasi dokumen administrasi dapat diakses melalui situs https://dikdin.bkn.go.id. Jika dokumen Anda memenuhi persyaratan, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran PNBP SKD sesuai dengan kode billing yang diberikan. Setelah pembayaran diverifikasi oleh sistem, Anda dapat mencetak kartu ujian melalui akun SSCN dikdin masing-masing. Ikuti jadwal seleksi SKD dan pantau pengumuman hasilnya melalui situs https://dikdin.bkn.go.id atau https://spcp.ipdn.ac.id.

Seleksi Lanjutan dan Pengumuman Pantukhir

Bagi yang lolos seleksi SKD, Anda akan mengikuti tes kesehatan daerah. Hasilnya akan diumumkan beberapa hari setelah tes. Selanjutnya, Anda akan mengikuti tes psikologi, integritas, dan kejujuran. Pengumuman hasil tes tersebut juga akan diumumkan beberapa hari setelah tes melalui situs resmi IPDN.

Jika Anda dinyatakan lulus, Anda akan melanjutkan ke tahap pantukhir dan verifikasi faktual dokumen persyaratan administrasi pendaftaran. Tes kesehatan pusat di IPDN Jatinangor dan tes kesamaptaan juga akan dilakukan. Pengumuman hasil pantukhir akhir akan menyimpulkan proses seleksi.

Kesimpulan

Pendaftaran online IPDN membutuhkan pemahaman dan langkah-langkah yang jelas. Dalam panduan ini, Akademi Taruna telah menyajikan informasi yang unik dan terperinci untuk membantu Anda dalam mendaftar IPDN. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan, membuat akun dengan benar, mengunggah berkas yang diperlukan, dan mengikuti semua tahapan seleksi dengan baik.

Tetap waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan panitia seleksi IPDN, dan pastikan Anda mendapatkan informasi resmi melalui situs yang telah disebutkan. Akademi Taruna berharap panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam mewujudkan impian menjadi Taruna IPDN. Terima kasih dan semoga sukses dalam proses pendaftaran!

5/5 - (2 votes)
Picture of akademitaruna

akademitaruna

Leave a Replay

Akademi Taruna

Bimbel spesialis tes sekolah Kedinasan, Tes Polri dan Tes TNI. Program bergaransi lulus.

Recent Posts

Follow Us

Video Menarik Taruna

Dapatkan berita & info menarik pendaftaran