Berapa Nilai Aman Tes Kesamaptaan IPDN Agar Bisa Lulus? Cek Selengkapnya

Berapa Nilai Aman Tes Kesamaptaan IPDN Agar Bisa Lulus? Cek Selengkapnya

Tes kesamaptaan merupakan tahapan krusial dalam seleksi masuk IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Untuk dapat lulus, calon mahasiswa harus memenuhi standar nilai tertentu dalam setiap tes. Artikel ini akan membahas nilai aman yang diperlukan agar calon PRAJA dapat lulus dalam Tes Kesamaptaan IPDN dengan sukses.

tes kesamaptaan ipdn

Tes Lari

Tes lari merupakan bagian penting dalam Tes Kesamaptaan IPDN. Untuk mencapai nilai aman, calon mahasiswa pria harus mampu menyelesaikan minimal 5,5 putaran lapangan sepak bola atau sekitar 2,5 km dalam waktu 12 menit. Sementara itu, calon mahasiswa wanita harus menyelesaikan minimal 4,5 putaran lapangan sepak bola atau sekitar 2,5 km dalam waktu 14 menit.

Tes Sit-Up

Tes sit-up melibatkan gerakan duduk dan bangkit dari posisi terlentang. Calon mahasiswa pria harus dapat melakukan minimal 41 kali sit-up dalam waktu satu menit untuk mencapai nilai aman. Sedangkan calon mahasiswa wanita harus mampu melakukan minimal 33 kali sit-up dalam waktu satu menit.

Tes Push-Up

Tes push-up juga menjadi bagian penting dalam Tes Smapta IPDN. Calon mahasiswa pria harus mampu melakukan minimal 10-15 kali push-up dalam waktu satu menit untuk mencapai nilai aman. Sedangkan calon mahasiswa wanita diharapkan dapat melakukan minimal 60 kali push-up dalam waktu satu menit.

Tes Pull-Up

Tes pull-up melibatkan gerakan mengangkat tubuh dengan menggunakan tangan pada tiang horizontal. Untuk nilai aman, calon mahasiswa pria harus dapat melakukan minimal 10-15 kali pull-up dalam waktu satu menit. Calon mahasiswa wanita, di sisi lain, harus mampu melakukan minimal 60 kali pull-up dalam waktu satu menit.

Rekomendasi yang mungkin anda suka : Jurusan IPDN yang Banyak Diminati

Persiapan yang Tepat

Untuk mencapai nilai aman dalam Tes smapta IPDN, persiapan yang baik sangatlah penting. Calon mahasiswa perlu menjadwalkan latihan secara teratur untuk meningkatkan stamina, kekuatan, dan kelincahan tubuh. Latihan kardiovaskular seperti lari dan bersepeda dapat membantu meningkatkan daya tahan fisik, sedangkan latihan kekuatan seperti sit-up, push-up, dan pull-up akan memperkuat otot-otot yang diperlukan dalam tes ini.

Dengan persiapan yang matang dan usaha keras, calon mahasiswa IPDN memiliki peluang yang lebih besar untuk mencapai nilai aman dalam Tes Kesamaptaan. Penting juga untuk tetap menjaga pola makan yang seimbang dan istirahat yang cukup agar tubuh dalam kondisi optimal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi calon mahasiswa IPDN yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi tes kesamaptaan dan meraih kesuksesan dalam proses seleksi.

3.4/5 - (18 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *