Catat! Pendaftaran Taruna Akmil 2024 Sudah Dibuka

Pendaftaran taruna Akmil 2024 telah dibuka! Mulai 1 Februari 2024 untuk menjadi Taruna Akmil TNI Angkatan Darat. Berbagai persiapan harus kamu penuhi untuk daftar Akademi Militer. Mulai dari syarat masuk yang harus kamu penuhi serta berbagai seleksi tes masuk Akmil. Yuk, simak info lengkapnya di sini dan persiapkan dirimu.

taruna akmil

Akmil, atau Akademi Militer, adalah tempat pendidikan bagi lulusan SMA/sederajat yang bercita-cita menjadi perwira TNI. Gelar yang akan kamu dapatkan setara dengan Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr.(Han).Pendaftaran taruna Akmil dapat dilakukan secara daring melalui laman resmi rekrutmen TNI.

Ingin tahu syarat masuk taruna Akmil? Berdasarkan syarat dari tahun sebelum-sebelumnya syaratnya hampir sama. Mengkutip dari laman resmi Rekrutmen TNI AD berikut ini persyaratannya :

Persyaratan Taruna – Taruni Akmil :

Syarat Masuk:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Beriman dan bertakwa, serta menganut salah satu dari 6 agama di Indonesia.
  • Setia kepada Pancasila dan UUD 1945.
  • Usia antara 17 tahun 9 bulan hingga 22 tahun saat pembukaan pendidikan pertama.
  • Tidak punya catatan kriminal, sehat jasmani dan rohani, serta tidak berkacamata.

Syarat Lain yang Penting:

  • Lulusan IPA/IPS SMA/MA/sederajat.
  • Belum menikah dan siap tidak menikah selama pendidikan pertama minimal 1 tahun.
  • Tinggi minimal 163 cm (pria) dan 157 cm (wanita).
  • Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan memiliki BPJS aktif.

Tips Lolos Masuk Taruna Akmil :

1. Persiapkan Diri Secara Fisik dan Mental
Sebelum memasuki pendidikan di Akmil, pastikan kamu dalam kondisi fisik dan mental yang prima. Latihan fisik secara teratur, kurangi kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan seperti merokok. Bangun mental yang kuat untuk menghadapi tantangan.

Sebagai calon taruna, persiapkan dirimu untuk tantangan fisik dan mental selama pendidikan. Pertahankan semangat pantang menyerah, kedisiplinan tinggi, dan kemampuan untuk bekerja sama dalam tim. Inilah kualitas yang dicari dalam seorang taruna.

2. Pahami dengan Baik Syarat Pendaftaran
Teliti dan pahami setiap syarat pendaftaran dengan baik. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan, baik yang bersifat umum maupun yang khusus untuk Akmil. Ini akan membantu kelancaran proses pendaftaranmu.

3. Perbanyak Wawasan dan Pengetahuan Militer:
Tingkatkan pengetahuanmu tentang militer, terutama seputar TNI Angkatan Darat. Pahami sejarah, tugas, dan tanggung jawab seorang perwira. Hal ini dapat memberikan keunggulan tambahan pada saat wawancara dan seleksi.

4. Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris:
Bahasa Inggris memiliki peran penting dalam kurikulum Akmil. Persiapkan dirimu dengan memperdalam literasi Bahasa Inggris, karena akan menjadi salah satu materi seleksi. Buku, kursus online, atau aplikasi belajar dapat menjadi sumber yang baik.

5. Buat Rencana Studi
Buat rencana studi setiap harinya agar kegiatan teratur. Ini akan membantu proses belajar menjadi lebih nyaman untuk diri sendiri. Hal ini sangat membantu untuk dalam proses seleksi Taruna Akmil.

Kami menawarkan bimbingan belajar yang bisa membantu kamu dalam menggapai impian sebagai seorang taruna. Bimbel terpercaya dari Akademi Taruna ini sudah memiliki pengalaman luas dan testimoni baik. Semua program yang tersedia bergaransi, mulai dari kelas intensif, kelas karantina dan latihan soal harian rutin. Ayo bimbel di Akademi Taruna sekarang!

3.7/5 - (3 votes)

1 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *