Categories
Kedinasan

Syarat Masuk PPI (Politeknik Perkeretaapian Indonesia)

Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, sebagai bagian integral dari Kementerian Perhubungan, menyajikan panggung pendidikan berkualitas tinggi dalam bidang perkeretaapian. Terletak di Jalan Tirta Raya, Kota Madiun, Jawa Timur, PPI Madiun memiliki reputasi sebagai institusi pendidikan kedinasan yang unggul. Tentunya memiliki syarat masuk PPI ini sangat banyak.

syarat masuk ppi

Salah satu keunggulan PPI Madiun adalah kurikulumnya yang terkini dan relevan dengan tuntutan industri. Dengan menawarkan berbagai jurusan berikut ini :

  • D-III Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian
  • D-III Teknologi Elektro Perkeretaapian
  • D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian
  • D-III Teknologi Mekanika Perkeretaapian

PPI Madiun memberikan pilihan yang beragam sesuai dengan minat dan bakat calon taruna taruni. Dengan demikian, PPI Madiun tidak hanya menjadi tempat pendidikan, tetapi juga ladang pengetahuan dan pengembangan skill. Bagi mereka yang ingin terjun dalam dunia perkeretaapian sudah pasti masa depan terjamin.

Selain itu, lulusan PPI Madiun memiliki peluang karir yang sangat luas. Dengan menjadi bagian dari Kemenhub, mereka dapat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di berbagai instansi pemerintahan. Tidak hanya itu, kerja sama PPI Madiun dengan perusahaan-perusahaan nasional dan internasional di bidang perkeretaapian. Hal ini memberikan kesempatan bagi lulusannya untuk berkiprah di tingkat global.

Pastinya untuk bisa menjadi bagian dari sekolah kedinasan ini kamu harus melewati berbagai seleksi dan syarat masuk PPI. Berbagai syarat harus kemu penuhi untuk masuk dan menjadi bagian dari Politeknik Perkeretaapian Indonesia.

Berikut ini syarat masuk PPI (Politeknik Perkeretaapian Indonesia) :

1. Persiapkan Dokumen Pribadi dengan Seksama

Syarat masuk PPI yang pertama siapkan pas foto terbaru dengan latar belakang merah, berwajah ceria ukuran 4×6 cm. Ingat, minimal 120 kb dan maksimal 500 kb dengan format .jpg. KTP atau Kartu Keluarga (KK) pun harus kamu bawa, terutama jika usiamu di atas 17 tahun. Kalau belum punya KTP, gak masalah, bawa surat keterangan kependudukan juga bisa.

2. Ijazah dan Surat Penyetaraan

Bagi yang sudah lulus, bawa ijazah SMA/SMK/MA beserta rapor (2 semester) jika masih duduk di kelas 12. Jangan lupa surat penyetaraan jika ijazahmu dari luar negeri atau berbahasa asing. Semua diunggah dalam format PDF dengan ukuran maksimal 1000 kb.

3. Pembayaran dan Formulir Pendaftaran

Lengkapi formulir pendaftaran dengan nama dan NIK yang jelas, sertakan bukti pembayaran sesuai perguruan tinggi pilihanmu. Format .jpg, maksimal 500 kB, ya!

4. Persyaratan Tambahan

Tak ketinggalan, siapkan surat pernyataan, baik tentang hasil seleksi (SIPENCATAR) maupun kesanggupan menanggung tanggung jawab mutlak. Jangan sampai lupa juga surat keterangan OAP (Orang Asli Papua) jika kamu termasuk dalam kategori tersebut.

Jurusan dan Kriteria Pendaftaran

Setelah dokumen siap, pilih jurusan yang sesuai dengan passionmu:

1. D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian (TBJP)

Untuk lulusan SMA/MA IPA atau SMK/MAK program keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika, dan Geospasial.

2. D3 Teknologi Elektro Perkeretapian (TEP)

Cocok untuk lulusan SMA/MA IPA atau SMK. Program keahlian Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi.

3. D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP)

Dibuka untuk lulusan SMA/MA IPA/IPS atau SMK/MAK program keahlian yang beragam, dari Teknologi Konstruksi dan Properti hingga Logistik.

4. D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian (TMP)

Untuk lulusan SMA/MA IPA atau SMK/MAK program keahlian seperti Jurusan Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, hingga Teknik Perkapalan.

Nah, itulah sedikit informasi tentang syarat masuk PPI (Politeknik Perkeretaapian Indonesia). Untuk masuk sekolah kedinasan pasti melewati banyak seleksi dan syarat masuk yang banyak. Sehingga perlu persiapan untuk mendaftar sekolah kedinasan.

Siapa yang tertarik untuk bimbel khusus sekolah kedinasan? Kami menawarkan bimbel terbaik khusus masuk kedinasan. Bimbel ini dari Akademi Taruna yang sudah berpengalaman dan bergaransi. Menyediakan berbagai program bergaransi dan dampingan tutor yang profesional. Cek laman remsi Akademi Taruna untuk melihat info selengkapnya.

Beri review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *