Apa Saja Persiapan Tes Sekolah Kedinasan Yang Harus Dibawa? Berikut Ulasannya

persiapan tes sekolah kedinasan yg harus dibawa

Mengikuti tes sekolah pendidikan tentu membutuhkan persiapan yang matang. Mulai dari memperdalam materi, mengerjakan soal latihan hingga ikut program bimbel sekolah kedinasan. Selain itu Anda juga perlu mengetahui persiapan tes sekolah kedinasan yang harus dibawa saat ujian. 

Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda bisa meraih hasil yang optimal. Terlebih lagi Anda harus menghadapi jutaan pesaing dari berbagai daerah. 

Persiapan Yang Harus Dibawa Oleh Siswa Saat Tes Sekolah Kedinasan

Peserta tes harus mempersiapkan sejumlah dokumen berupa KTP, kartu keluarga, ijazah, rapor SMA/sederajat, pas foto serta beberapa dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang dilamar.

Dokumen-dokumen asli tersebut sebaiknya dibawa saat akan menjalani ujian untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Sesuai tata tertib SKD CAT Sekolah Kedinasan, para peserta tes juga harus membawa Kartu Tanda Peserta Ujian serta pensil untuk mengerjakan tes.

persiapan tes sekolah kedinasan yg harus dibawa

Peserta tes sekolah kedinasan dilarang membawa buku catatan, pulpen, handphone, jam tangan, kalkulator, senjata tajam, hingga makanan dan minuman.  

Bagi peserta yang kedapatan melanggar tata tertib akan langsung dikeluarkan dari ruangan tes dan otomatis dinyatakan tidak lulus.

Oleh karena itu penting mengetahui persiapan tes sekolah kedinasan yang harus dibawa berikut dengan larangannya. 

7 Materi Tes Sekolah Kedinasan 

Jika mengacu dari materi tes sekolah kedinasan tahun 2022, terdapat tujuh materi tes sekolah kedinasan yang harus dilalui oleh peserta diantaranya:

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Tes SKD berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berbasis CAT

2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) 

Setelah dinyatakan lolos SKD, Anda akan mengikuti tes SKB yang merupakan tahap pengujian tentang bidang ilmu sekolah kedinasan yang  Anda pilih.

3. Seleksi Kesehatan  

Di tahap selanjutnya Anda akan melakukan pemeriksaan kesehatan meliputi tes narkoba, urin, darah, riwayat penyakit bawaan dan lain sebagainya.

4. Psikotes

Tes psikotes dilakukan untuk mengukur kecerdasan emosional, karakter, kondisi psikolog hingga kejujuran para calon Taruna dan Taruni 

5. Tes Kesamaptaan

Tes kesamaptaan adalah tes kekuatan fisik yang mirip dengan tahapan seleksi penerimaan taruna AKPOL. Peserta diminta berlari, push up, pull up, renang dan masih banyak lagi.

Apabila Anda tertarik juga menjadi anggota kepolisian, syarat dan tata cara daftar polisi bisa dilihat melalui situs penerimaan.polri.go.id

6. Wawancara

Tahap wawancara dilakukan untuk mengetahui alasan, kesiapan serta komitmen peserta dalam mengikuti sekolah kedinasan. 

7. Penilaian Panitia Penentu Akhir (Pantukhir )

Pantukhir merupakan tahap terakhir dalam penentuan lolos tidaknya peserta ke sekolah kedinasan. Hasil tersebut diambil dari penilaian pada seleksi-seleksi sebelumnya. 

Banyaknya tahapan tes yang harus dilalui mengharuskan Anda untuk bersungguh-sungguh dalam melakukan persiapan tes sekolah kedinasan. Dianjurkan untuk mengikuti bimbel sekolah kedinasan di tempat yang terpercaya untuk meningkatkan peluang lolos tes sekolah kedinasan. Demikianlah penjelasan mengenai persiapan tes sekolah kedinasan yang harus dibawa saat ujian. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek dokumen-dokumen yang dibutuhkan dengan teliti. Semoga berhasil!

5/5 - (1 vote)
Picture of akademitaruna

akademitaruna

Leave a Replay

Akademi Taruna

Bimbel spesialis tes sekolah Kedinasan, Tes Polri dan Tes TNI. Program bergaransi lulus.

Recent Posts

Follow Us

Video Menarik Taruna

Dapatkan berita & info menarik pendaftaran