Categories
Informasi Kedinasan

5 Sekolah Kedinasan yang Menerima SMK, Sudah Tahu Belum?

Sekolah kedinasan jadi salah satu perguruan tinggi favorit para lulusan SMA, baik dari jurusan IPA maupun IPS. Namun, tahukah Anda kalau lulusan SMK pun bisa masuk ke sekolah kedinasan? Meskipun begitu, tetap ada batasannya karena tidak semua sekolah kedinasan bisa dimasuki lulusan SMK. Berikut ini 5 sekolah kedinasan yang menerima SMK.

kedinasan yang menerima smk

1. Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS)

Bagi lulusan SMK dengan jurusan Teknik Komputer dan Informatika, Anda bisa mencoba masuk ke STIS. Jurusan yang dapat dipilih oleh lulusan SMK adalah Program Studi Komputasi Statistika dengan Program Diploma IV. 

Berbeda dari cara daftar polisi melalui sekolah kedinasan militer, di STIS tidak menggunakan tes fisik. Meskipun begitu, persyaratan untuk masuk ke sekolah kedinasan ini juga tak bisa dianggap remeh. Oleh karenanya, siapkan sejak awal jika ingin masuk ke perguruan tinggi kedinasan ini.

2. Politeknik Siber dan Sandi Negara

Selain STIS, lulusan SMK bisa masuk ke Politeknik Siber dan Sandi Negara. Sekolah kedinasan ini cocok untuk Anda yang ingin belajar hacking secara positif. Persyaratan utama untuk masuk ke sekolah kedinasan ini adalah lulusan SMK Teknik Elektronika Industri, SMK TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Telekomunikasi, Komputer dan Informatika, RPL, dan lain sebagainya. 

Namun perlu diingat, ilmu hacking yang didapat tentunya tidak boleh disalahgunakan untuk merugikan orang lain ataupun negara.

3. PK STAN

Rasanya tidak mengherankan jika PK STAN menjadi sekolah kedinasan yang paling banyak diminati. Sebab sekolah kedinasan ini menerima lulusan SMA maupun SMK. Asal memenuhi persyaratan dan lolos tes, Anda bisa melanjutkan pendidikan di PK STAN.

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Sekolah kedinasan yang menerima SMK berikutnya adalah STIN. Mahasiswa lulusan sekolah kedinasan ini bisa langsung jadi PNS. Kendati demikian, persyaratan untuk masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara juga tidak boleh dianggap remeh.

Lulusan SMA/SMK harus memiliki rata-rata nilai ijazah minimal 70, tidak bertato, tidak memiliki bekas tato, bertindik, ataupun bekas tindik. Selain itu, bagi Anda yang berkacamata, maksimal untuk bisa lolos seleksi adalah minus ataupun plus 1.

5. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi

Sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ini juga menerima lulusan SMK. Persyaratan utama untuk masuk sekolah kedinasan ini adalah memiliki nilai ijazah rata-rata 7,0 dan bahasa inggris minimal 7,0.

Bagi lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Anda dapat masuk ke 5 sekolah kedinasan yang menerima SMK di atas. Program studi yang ditawarkan cukup menarik dan prospek ke depannya pun sangat menjanjikan. Sebab setelah lulus, Anda bisa bekerja di instansi pemerintahan hingga menjadi PNS.

Cara Jadi PNS jalur cepat

Ikuti bimbel CPNS dari Akademi CPNS, program bergaransi uang kembali. Klik gambar dibawah ini.

kedinasan yang menerima smk
5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *