Categories
Informasi Kedinasan

Ingin Jadi PNS? Ini Referensi 5 Sekolah Kedinasan yang Langsung Jadi PNS

Sekolah kedinasan yang langsung jadi PNS – Pegawai Negeri Sipil atau PNS masih jadi salah satu profesi yang diidam-idamkan para orang tua maupun kalangan anak muda. Gaji tetap dengan tunjangan dan dana pensiun yang didapat setelah tidak lagi bekerja jadi salah satu alasan kenapa PNS diminati banyak orang. 

kedinasan yang langsung jadi pns

Untuk menjadi PNS, tentunya dibutuhkan seleksi yang cukup ketat dengan tingkat persaingan tinggi. Sementara untuk yang menginginkan jalur lebih mudah menjadi PNS, cobalah melanjutkan pendidikan ke sekolah kedinasan. Berikut ini referensi sekolah kedinasan yang langsung jadi PNS.

1. Politeknik Keuangan Negara (PK STAN)

Siapa yang tidak kenal dengan sekolah kedinasan ini? PK STAN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang banyak diminati lulusan SMA/sederajat. Sekolahan yang berada dibawah naungan Kementerian Keuangan ini memiliki empat jurusan yang dapat dipilih.

Mahasiswa lulusan PK STAN bisa langsung jadi PNS di lingkungan Kemenkeu. Sebagiannya lagi ditempatkan di instansi pemerintahan dengan status sebagai PNS juga.

Ikuti : Bimbel masuk STAN terbaik yang bisa menjamin kamu lulus.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Selain STAN, IPDN juga diminati banyak lulusan SMA. Mahasiswa lulusan perguruan tinggi kedinasan ini akan langsung bekerja di institusi pemerintahan. IPDN sendiri adalah sekolah kedinasan yang berada dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri.

Ada beberapa program studi yang dapat dipilih di sekolah kedinasan ini, yaitu Kebijakan Pemerintahan, Manajemen Pembangunan, dan Politik Pemerintahan. Selain itu, ada jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Pemerintahan.

3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS)

Sekolah kedinasan yang langsung jadi PNS selanjutnya adalah STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistika. Perguruan tinggi kedinasan yang setiap tahunnya dibanjiri peminat ini berada dikelola oleh Badan Pusat Statistika (BPS). 

Nah, sekolah kedinasan ini cocok untuk buah hati Anda yang menyukai matematika dan statistika. Untuk program studinya sendiri, STIS memiliki dua jurusan, yakni Statistik dan Komputasi Statistik.

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Kalau buah hati Anda kurang tertarik dengan cara daftar polisi melalui sekolah kedinasan, tak ada salahnya mencoba masuk ke Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). Perguruan tinggi kedinasan favorit ini memiliki beberapa jurusan, di antaranya adalah Agen Intelijen, Cyber Intelijen, Ekonomi Intelijen, dan Teknologi Intelijen.

5. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Referensi berikutnya adalah Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG). Sekolah ini dibawah naungan BMKG dan lulusannya bisa langsung jadi PNS. Perguruan tinggi kedinasan ini mempunyai empat program studi Diploma IV yang dapat buah hati Anda pilih, yaitu Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi.

Itulah sekolah kedinasan yang langsung jadi PNS. Meskipun prospeknya menjanjikan, tapi untuk bisa diterima di sekolah kedinasan juga tidak semudah yang dibayangkan. Sebab itu, persiapkan semuanya sejak jauh hari agar bisa diterima di sekolah tersebut.

3.5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *