Categories
Informasi Kedinasan

Simak Persyaratan Sekolah Kedinasan

Perguruan tinggi yang dinaungi oleh kementerian atau lembaga pemerintahan biasa dikenal dengan sekolah kedinasan. Sekolah kedinasan ini semakin banyak diminati selain biayanya yang gratis, beberapa sekolah kedinasan justru memberikan uang saku kepada mahasiswanya.

Beberapa pertimbangan lain yang menjadikan sekolah kedinasan diminati oleh para siswa adalah karena memiliki peluang kerja yang lebih jelas atau telah menjadi CPNS bila telah lulus tes dan ditempatkan oleh pihak perguruan tinggi tersebut.

persyaratan sekolah kedinasan

Jumlah pendaftar sekolah kedinasan semakin meningkat tiap tahunnya, dengan persaingan yang semakin ketat tentunya. Beberapa siswa telah mulai mempersiapkan segala bentuk persyaratan sekolah kedinasan baik untuk persiapan seleksi tes maupun untuk seleksi administrasi dan kelengkapan lainnya. Jika Anda tertarik untuk melanjutkan studi ke sekolah kedinasan berikut adalah persiapan yang harus dipersiapkan.

Persyaratan sekolah kedinasan yang harus dipersiapkan

Yang pertama adalah dokumen kelengkapan untuk mendaftar sekolah kedinasan. Dokumen yang harus dipersiapkan sebagai kelengkapan administrasi atau pendaftaran adalah seperti kartu keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah, Rapor SMA/Sederajat, Pas foto, dan dokumen lainnya yang diperlukan dan telah ditentukan oleh instansi sekolah kedinasan tertentu yang akan dilamar.

Persyaratan sekolah kedinasan selanjutnya yang harus dipersiapkan jauh jauh hari adalah berbagai jenis tes sekolah kedinasan. Disamping peserta yang semakin membludak persiapan berbagai tes harus dipersiapkan secara maksimal karena jenis seleksi seleksi kedinasan berlaku sistem gugur. Berikut beberapa tes yang harus dipersiapkan.

Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi tes pertama yang harus dipersiapkan sebagai persyaratan sekolah kedinasan ada tes SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Persiapan dari sekarang untuk lulus SKD dengan mengikuti bimbel SKD kedinasan dari Akademi Taruna.

Seleksi Kompetensi Bidang

SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang merupakan tes lanjutan dari SKD yang menilai bidang ilmu di perguruan tinggi kedinasan. Jenis tes SKB ini memiliki berbagai nama sebutan sesuai dengan perguruan tinggi kedinasan tersebut ada yang memberi nama Tes Kemampuan Bidang (TKB) maupun Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang terdiri dari materi matematika, bahasa inggris, dan pengetahuan umum.

Tes Kesehatan

Untuk tes kesehatan ini terdapat 2 tahap yakni tahap 1 yang berada di awal penyelenggaraan SKD, kemudian di tahap akhir di masa tes kesamaptaan

Tes Psikologi

Selanjutnya yaitu tes psikologi adalah tes ini biasanya diselenggarakan oleh lembaga pemerintahan maupun secara daring.

Tes Matematika

Persyaratan sekolah kedinasan selanjutnya adalah mengikuti tes matematika. Salah satu perguruan tinggi yang melaksanakan tes matematika adalah STIS Sekolah tinggi ilmu statistik.

Tes Kesamaptaan dan Tes Kebugaran

Tes kesamaptaan dan tes kebugaran ini mencakup tes lari, push up, sit up, pull up, shuttle run, renang, dan lain-lain.

IKuti program kami lainnya untuk kamu ayng ingin lulus menjadi CPNS, ikuti bimbel CPNS bersama kami agar perjuanganmu menjadi lebih mudah.

Beri review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *