Categories
Kedinasan

Syarat Masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) merupakan sekolah kedinasan yang dinaungi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sekolah kedinasan ini memberikan pengalaman pendidikan mengenai ilmu pelayaran dengan berbagai syarat masuk STIP. Sehingga memiliki banyak sekali peminat dengan tiga pilihan program studi. Dengan tiga jurusan sarjana terapan yang ditawarkan, yaitu D-IV Nautika, D-IV Teknika, dan D-IV Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

syarat masuk STIP

Keunggulan STIP :

Salah satu alasan kenapa harus memilih STIP adalah kurikulum yang terus diperbarui sesuai dengan perkembangan industri maritim. STIP memastikan bahwa taruna selalu mendapatkan pendidikan yang relevan dengan tuntutan industri. Termasuk dalam pengenalan terhadap teknologi terkini dan standar internasional. Ini memastikan bahwa setiap lulusan STIP siap menghadapi tantangan dunia kerja yang dinamis dan bersaing.

STIP juga menawarkan keunggulan dalam fasilitas dan sarana praktek yang lengkap. Taruna memiliki akses ke laboratorium terkini, simulator navigasi, serta workshop permesinan kapal. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengaplikasikan teori yang dipelajari dalam situasi nyata dan mengembangkan keterampilan praktis yang dibutuhkan di lapangan.

Salah satu keunggulan STIP yang tidak bisa diabaikan adalah program pengalaman praktik kerja lapangan yang melibatkan taruna langsung dalam dunia pelayaran. Ini memungkinkan mereka untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam situasi nyata dan membangun jaringan profesional. Pengalaman ini tidak hanya menambah keahlian, tetapi juga membuat lulusan STIP menjadi lebih siap dan percaya diri menghadapi tantangan karir mereka.

Dengan membandingkan keunggulan STIP pastinya untuk menjadi taruna STIP harus melewati syarat masuk STIP yang pasti. Dilansir dari laman asli STIP beberapa syarat tahun ke tahun harus megalami beberapa kesamaan. Dibawah ini beberapa penjelasan syarat masuk STIP.

Berikut Syarat Masuk STIP :

1. Kewarganegaraan yang Jelas (WNI)

Pertama-tama, pastikan kamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI). STIP ini tidak menerima calon taruna dan taruni yang memiliki kewarganegaraan dari luar. Syarat masuk STIP ini adalah syarat masuk yang paling pasti.

2. Batas Usia

Untuk bisa menjadi taruna dan taruni STIP, kamu harus memenuhi batas usia yang ditentukan. Batas usia minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun.

3. Rata-rata Nilai

Syarat masuk satu ini juga seperti syarat masuk sekolah kedinasan yang lain. Kamu hanya perlu menunjukkan bahwa kamu punya kemampuan dengan rata-rata nilai minimal 70. So, keep calm dan persiapkan dirimu untuk sukses di dunia pelayaran.

4. Tinggi Badan yang Stand Out

Buat para calon kapten laut, pastikan tinggi badanmu mencapai minimal 160 cm jika cowok, dan 155 cm jika cewek. Jadi, semakin tinggi badan, semakin dekat dengan impianmu jadi bagian dari STIP!

5. Badan Sehat dan Bugar

Siapa yang mau jadi pelaut tapi badannya nggak fit? Pastikan kamu dalam keadaan sehat dan bugar tanpa cacat fisik dan mental. Jangan lupa, bebas dari narkoba ya!

6. Tidak memiliki Tato dan Tindik

STIP Jakarta punya standar kebersihan tubuh yang tertinggi. Jadi, pastikan kamu tanpa tato dan tindik berlebihan di seluruh tubuh. Biar penampilanmu selalu keren dan profesional!

7. Penglihatan Tajam & Tidak Buta Warna

Pelaut mesti punya mata yang tajam! Pastikan penglihatanmu normal alias nggak rabun. Syarat masuk STIP satu ini merupakan syarat paling penting untuk menjadi bagian dari STIP. Karena dengan mata yang normal dan tidak buta warna kamu pasti bisa melihat keadaan laut dengan jelas.

8. Tidak Memiliki Catatan Kriminal

Pastikan kamu tidak sedang menjalani hukuman pidana atau terlibat dalam kejahatan apapun. Ini juga merupakan syarat masuk yang penting. Karena menjadi seorang taruna dan taruni harus bersih dari catatan kriminal.

9. Rekam Jejak yang Bersih

Terakhir, pastikan kamu belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau mengundurkan diri sebagai taruna/taruni di instansi kedinasan manapun.

Setelah syarat masuk STIP sudah lengkap dan terpenuhi. Kamu akan melakukan urutan seleksi – seleksi selanjutnya. Untuk mepersiapkan berbagai seleksi kamu bisa mengikuti bimbel khusus kedinasan yang sudah beperngalaman. Bimbel khusus kedinasan akan membantu dengan berbagai program belajar.

Bimbingan belajar yang kami tawarkan ini dari Akademi Taruna. Bimbel ini memiliki berbagai program belajar bergaransi. Mulai dari kelas online, privat sampai karantina. Semua program bisa kamu pilih sesuai dengan kapasitas proses belajar kamu. Selain program belajar, Akademi Taruna juga menyediakan modul belajar terlengkap dan tutor profesional. Ayo daftarkan diri sekarang kuota terbatas!

1/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *