Categories
Informasi Kedinasan

Syarat Masuk STMKG : Catat Sekarang!

Siapa nih yang belum tahu STMKG? STMKG adalah Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Salah satu sekolah kedinasan yang dinaungi secara langsung oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Sekolah kedinasan ini memiliki berbagai keunggulan yang luar biasa. Terdapat syarat masuk STMKG mulai dari persyaratan umum dan akademis.

Memang untuk masuk sekolah kedinasan ini membutuhkan persiapan yang banyak. Hal tersebut dikarenakan berbagai seleksi masuk yang berkala. Tentunya sebelum ke seleksi tes masuk, kamu perlu melengkapi berbagai syarat masuk STMKG dengan baik. Dilansir persyaratan tahun 2023 dari laman resmi STMKG , dengan kemungkinan persyaratan yang memiliki kesamaan pada tahun ini. Dibawah ini informasi lengkapnya.

syarat masuk stmkg

Berikut Syarat Masuk STMKG :

Persyaratan Umum :

1. Jasmani dan Rohani yang Sehat

Syarat masuk STMKG yang utama adalah kesehatan. Calon taruna dan taruni harus dalam keadaan sehat jasmani rohani. Jadi, dalam menempuh pendidikan disekolah kedinasan ini bisa berjalan dengan baik.

2. Pria/Wanita, Warga Negara Indonesia (WNI)

STMKG terbuka untuk semua, baik pria maupun wanita. Sekolah kedinasan selalu mengutamakan semangat patriotisme sebagai Warga Negara Indonesia. Sehingga seluruh siswa dan siswi Indonesia memiliki peluang untuk menjadi taruna dan taruni STMKG.

3. Penglihatan yang Normal

Penglihatan yang normasl juga menjadi syarat masuk STMKG. Hal-hal yang mencaup penglihatan yang normal adalah tidak buta warna, dan bagi yang berkacamata, lensa spheris maksimal minus (-) 4D, serta lensa silindris maksimal minus (-) 2D. Jadi, pastikan mata kamu tetap sehat dan normal.

4. Batas Usia Minimal dan Maksimal

Batas usia yang ditetapkan untuk menjadi bagian dari STMKG adalah minimal 15 tahun. Untuk batas usia maksimal adalah 23 tahun. Jadi, buat kamu yang pernah daftar tapi gagal ditahun pertama, tetap semangat masih ada kesempatan sampai batas usia maksimal kamu.

5. Status Belum Menikah

Selama mengejar pendidikan di STMKG, menikah bukanlah pilihan. Untuk melengkapi syarat masuk STMKG kamu tidak boleh menikah atau sudah pernah menikah. Persiapkan mental dan komitmen untuk fokus pada pendidikan dan meniti karir.

6. Bebas dari Ikatan Dinas Lain

Pastikan kamu tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain. STMKG membutuhkan dedikasi penuh dari para tarunanya untuk mencapai prestasi tertinggi.

7. Tinggi Badan yang Sesuai

Tinggi badan memiliki peran penting, minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita. Tentunya dengan berat badan yang seimbang dengan kualifikasi tinggi badan yang ditentukan. Persiapkan dirimu untuk melangkah lebih tinggi dan melihat dunia meteorologi dari sudut pandang yang lebih luas.

8. Bebas Narkoba

Syarat untuk menjadi taruna dan taruni STMKG dengan bebas dari obat obatan terlarang. Ujian kesehatan akan membuktikan bahwa kamu bebas dari narkoba. Kondisi tubuh yang bersih adalah pondasi utama untuk menciptakan ahli meteorologi yang tangguh.

9. Persyaratan untuk Peserta Afirmasi

  • Memiliki akta kelahiran dan tempat tinggal yang sesuai dengan data KTP/KK di wilayah Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku adalah persyaratan utama. Calon pelamar harus memastikan bahwa data akta kelahiran dan alamat domisili sesuai dengan identitas resmi mereka di daerah-daerah tersebut.
  • Calon pelamar harus telah menyelesaikan tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) atau tingkat yang setara, atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau setara, atau Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setara di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa peserta memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan ketentuan daerah yang bersangkutan.
  • Untuk peserta afirmasi Orang Asli Papua (OAP), diperlukan rekomendasi resmi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Ketua/Anggota dari Majelis Rakyat Papua (MRP). Rekomendasi ini diperlukan sebagai bukti dan persetujuan dari pihak berwenang di daerah setempat, menunjukkan dukungan dan pengakuan terhadap status afirmasi OAP untuk mengikuti proses seleksi yang berlaku.

Persyaratan Akademik

1. Menyelesaikan pendidikan tingkat atas seperti Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau tingkat pendidikan yang setara, berlaku untuk semua jurusan.

2. Bagi kamu yang akan lulus pada tahun 2024 dan belum memiliki ijazah, diharuskan menyertakan Surat Keterangan Lulus/Surat Keterangan Aktif di Kelas XII sebagai pengganti.

Demikian syarat masuk STMKG yang mungkin dapat membantu kamu mempersiapkan untuk tes seleksi. Sampai mana nih persiapan kamu? Lagi nyari-nyari bimbingan belajar yang cocok? Kami punya rekomendasi nih. Rekomendasi bimbel untuk masuk kedinasan dari kami adalah Akademi Taruna.

Akademi Taruna merupakan bimbel yang memiliki berbagai program belajar pilihan. Progra belajar dilengkapi dengan pengajar yang sudah berpengalaman dan profesional. Tentunya dengan berbagai latihan soal rutin setiap harinya untuk menghadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Selain itu Akademi Taruna menyediakan pelatihan untuk mengikuti rentetan seleksi masuk STMKG. Perlu kamu ketahui bahwa kuota untuk mengikuti bimbel ini itu terbatas. Jadi, ayo daftarkan diri sekarang!

4/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *