Categories
Informasi Kedinasan

Tips Lolos Tes Masuk STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) 

Informasi mengenai tes masuk STAN dan biaya tentu akan sangat penting untuk dibagikan mengingat jenjang karir sekolah yang satu ini cukup menjanjikan sehingga  tak heran jika makin banyak generasi muda yang tertarik untuk masuk STAN.  Berikut ini adalah penjelasannya. 

tes masuk stan dan biaya

Kenali Jenis Tes Masuk STAN

Sebelum membahas lebih jauh tentang seperti apa tes masuk STAN dan biaya, maka terlebih dahulu penting rasanya mengetahui alasan mengapa harus memilih STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) sebagai perguruan tinggi.  Setiap siswa tentu memiliki tujuan yang sama yaitu menuntut ilmu di sekolah yang berkualitas agar nantinya bisa memiliki peluang masa depan dan jenjang karir yang menjanjikan. 

Sama halnya dengan Taruna Akmil yang banyak diminati,  STAN juga menjadi salah satu perguruan tinggi yang terbilang sangat banyak peminatnya.  Hal ini karena lulusan STAN ini bisa berpeluang memiliki karir yang cemerlang di berbagai bidang, seperti keuangan,  bea cukai dan juga perpajakan. 

Dan tentunya ketiga bidang ini termasuk karir yang menjanjikan sehingga penting sekali untuk mengetahui seperti apakah jenis tes yang dilakukan agar busa melakukan persiapan yang matang demi lolos seleksi. 

1. Tes administrasi, yaitu menyerahkah berkas atau dokumen seperti ijazah,  nilai, sertifikat kompetensi dan lain sebagainya. 

2. Tes tertulis yang terdiri dari Tes Kompetensi Dasar (SKD) serta tes bahasa inggris.

3. Tes wawancara (interview) 

4. Tes fisik atau kebugaran untuk memastikan tidak ada cacat fisik

5. Tes kesehatan untuk mengetahui apakah memiliki penyakit menular atau kronis

6. Tes kesehatan mata

Jika semua tes atau seleksi di atas dinyatakan lolos,  maka akan menentukan apakah akan lolos atau tidak.

Tips Lolos Ujian Masuk STAN

Jika diatas sudah dijelaskan mengenai apa sajakah jenis tes masuk STAN dan biaya, maka berikut ini adalah seperti apa tips agar lolos seleksi atau tes masuk STAN dan biaya.

1. Belajar Secara Konsisten

Tips pertama agar bisa lolos masuk STAN adalah belajar. Usahakan belajar dengan giat dan konsisten.  Bergabunglah dengan komunitas atau group agar bisa mendapatkan banyak informasi dan ilmu. Seringlah mengikuti seminar,  webinar maupun tryout.

2. Pastikan Kesehatan Jasmani Rohani Baik

Karena STAN juga menerapkan standar kesehatan tinggi,  maka pastikan bahwa anda tidak memiliki riwayat penyakit menular,  berbahaya dan juga kronis. Fisik juga harus dalam keadaan fit dan tifak memiliki cacat. Pastikan juga bahwa dari segi psikologis anda dalam keadaan yang baik. 

3. Lengkapi Persyaratan Administrasi

Tes administrasi juga penting dipahami agar semua persyaratan berkas yang diminta sudah lengkap. 

4. Perbanyak Latihan

Lakukan banyak latihan baik sendiri, berkelompok maupun mengikuti les. 

5. Berusaha Dengan Maksimal

Lakukan dengan sungguh – sungguh dan maksimal serta imbangi dengan doa agar semua berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan.

Semoga beberapa tips yang sudah dijelaskan diatas bermanfaat.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *