Categories
Polri

Tes Pantukhir Polri – Yang Wajib Kamu Tahu

Penerimaan anggota Polri adalah sebuah proses seleksi yang sangat ketat dan kompetitif. Tahap akhir dari seleksi ini adalah Pantukhir, yang merupakan penilaian akhir oleh panitia seleksi dan menjadi titik penentu apakah seorang calon siswa layak dan memenuhi syarat untuk menjalani pendidikan sebagai calon anggota Polri. Akademi Taruna akan mengulas lebih dalam mengenai tes Pantukhir Polri, termasuk jenis-jenisnya, persyaratan, dan tips sukses menghadapinya.

tes pantukhir polri

Apa Itu Pantukhir dalam Seleksi Polri?

Pantukhir adalah tahap terakhir dari seleksi penerimaan Polri. Proses seleksi Polri sendiri melibatkan beberapa tahap, seperti pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, tes akademik, dan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ). Pantukhir menjadi penilaian akhir yang sangat penting, karena di sinilah calon siswa akan dinyatakan lulus atau tidak.

Jenis-Jenis Pantukhir

  1. Pantukhir Polri di Daerah
    Pantukhir daerah adalah sidang penentu akhir yang dilakukan di masing-masing Polda (Kepolisian Daerah). Pada tahapan Pantukhir ini, jumlah peserta yang akan diterima disesuaikan dengan jumlah kuota peserta yang akan mengikuti seleksi tingkat pusat, terutama untuk jalur penerimaan AKPOL.

    Sedangkan untuk jalur penerimaan Bintara dan Tamtama, Pantukhir daerah adalah sidang penentu akhir untuk menentukan apakah calon siswa terpilih atau tidak untuk menjalani pendidikan sebagai calon anggota Polri.
  2. Pantukhir Pusat
    Pantukhir pusat adalah kelanjutan dari Pantukhir daerah, khusus untuk jalur penerimaan AKPOL. Di tahap ini, calon siswa AKPOL akan bersaing dalam skala nasional untuk diseleksi menjadi taruna AKPOL.

Persyaratan dan Penilaian Pantukhir

Untuk dinyatakan lolos pada sidang Pantukhir penerimaan Polri, calon siswa harus mendapatkan nilai maksimal pada masing-masing tahapan seleksinya. Semua nilai dari tahapan-tahapan sebelumnya akan diakumulasikan dan dirangkingkan selama sidang Pantukhir. Oleh karena itu, sangat penting bagi calon siswa untuk memiliki penilaian yang baik atau setidaknya tidak mengalami penurunan nilai selama proses seleksi.

Tips Menghadapi Seleksi Pantukhir

  1. Siapkan Mental
    Mental adalah faktor utama dalam menghadapi tes Pantukhir. Calon siswa harus siap dalam menghadapi dan menerima keputusan apa pun yang diberikan oleh tim panitia Pantukhir. Lakukan kegiatan yang menenangkan diri sebelum hari penentuan.
  2. Jaga Kondisi Fisik
    Kondisi fisik yang baik sangat penting. Calon siswa harus menjaga kebugaran dengan berlatih secara teratur, menjaga pola makan yang sehat, dan memastikan tubuh tetap bugar.
  3. Perbaiki Kekurangan
    Di tahap akhir ini, calon siswa diharapkan untuk berusaha memperbaiki kekurangan yang mungkin ditemukan selama tahap seleksi sebelumnya. Misalnya, jika terdapat kekurangan fisik yang dapat diperbaiki, pastikan bahwa kekurangan tersebut telah hilang.

Seleksi Polri memang sangat selektif dan ketat karena tujuannya adalah mendapatkan calon anggota yang memiliki kemampuan, keahlian, dan integritas tinggi untuk menjalankan tugas-tugas kepolisian dengan baik. Oleh karena itu, persiapan yang matang dan dedikasi yang tinggi serta ikut bimbel Polri sangat diperlukan untuk berhasil melewati tahap Pantukhir dan melanjutkan perjalanan menuju menjadi anggota Polri.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *