Categories
Informasi Kedinasan

Ini Dia Contoh Soal TIU TKP Kedinasan Yang Harus Dipelajari

Untuk anda calon kandidat peserta sekolah kedinasan pastinya wajib untuk mempersiapkan apa saja yang akan dilalui, termasuk mempelajari contoh soal TIU TKP kedinasan. Di dalam penerimaan sekolah kedinasan tersebut, pemerintah telah menetapkan tolak ukur pada kelulusan tahap SKD (Seleksi Kompetensi Dasar).

contoh soal tiu tkp kedinasan

Tolak ukur ini berupa skor ambang batas seleksi aparatur sipil negara atau CASN. Adapun seleksi kompetensi dasar berupa Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensi Umum (TIU). Simak seperti apa gambaran soal tes nya berikut ini agar anda bisa lebih siap.

Soal Tes Intelegensi Umum (TIU)

Mari mengenal apa saja contoh soal TIU TKP kedinasan pada poin ini. Apabila anda masih belum memahami tentang apa itu TIU, soal TIU merupakan tes yang menguji kemampuan verbal, numerik, logika serta analisis. Di bawah ini contoh-contoh apa saja yang ada di TIU.

1. Soal Kemampuan Verbal

Dalam poin pertama ini, anda akan menjawab soal tentang analogi, sinonim dan anonim, penalaran logis, dan penalaran analitis. Contoh soal sinonim seperti padanan kata dari Diversitas itu apa, padanan kata dari Fermentasi, dan lain-lain. Soal analogi misalnya seperti “Simplon : Swiss = …”, dan lain sebagainya.

2. Soal Kemampuan Numerik

Penting juga untuk anda mempelajari poin ini baik dalam tes CPNS, penerimaan polri, atau tes lainnya yang dibutuhkan. Berisi tentang soal berhitung, soal deret angka, soal perbandingan kuantitatif dan soal-soal cerita. Soal deret angka misalnya “14, 25, 47, 91, …”, atau “12, 13, 15, 17, 19, 22, 24, …”. 

Ada juga misalnya soal seperti ini, “Luas dinding sebuah silinder dengan garis tengah yaitu 28 cm dan tinggi 7 cm adalah …. cm²”. Jika anda sudah lupa dengan materi berhitung seperti itu, lebih baik sering-sering mereview kembali dan berlatih soal-soal.

Ikuti program kami lainnya untuk kamu yang ingin masuk PTN favorit seperti UI, UGM, ITB, dan lain-lain. Bimbel masuk PTN dari Akademi Prestasi mampu membantu kamu meraih impian masuk Universitas idaman.

3. Soal Kemampuan Figural

Ketiga yaitu soal mengenai kemampuan figural. Yang mana hal tersebut berisi tentang soal analogi, soal tentang ketidaksamaan, dan soal serial. Soal serial ini untuk mengukur kemampuan melihat pola hubungan berupa gambar.

4. Tes Karakteristik Pribadi

Beralih ke soal TKP atau Tes Karakteristik Pribadi. Sama seperti namanya bahwa ini adalah soal yang menguji karakteristik, di mana mengharuskan anda memilih suatu tindakan tertentu. Adapun rincian soal berkaitan dengan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan juga komunikasi, profesionalisme, serta anti radikalisme.

Contoh soal TKP misalnya seperti, “Ketika ada orang memberi saya uang suap, maka saya …”. Atau soal seperti “Apabila ada kebijakan baru dari perusahaan sehingga membuat beban kerja saya lebih berat, maka saya …” dan sejenisnya.

Bisa saja model soalnya beraneka ragam, tidak hanya itu-itu saja. Tentunya anda sebagai calon peserta sekolah kedinasan harus terus mempelajari sampai memahami soal-soal tersebut, sehingga bisa meraih skor yang ingin dituju. Itulah contoh soal TIU TKP kedinasan yang harus dipelajari, semoga bisa membantu.

Ingin lolos sekolah kedinasan impian kamu, yuk ikuti bimbel kedinasan gratis daftar dari Akademi Taruna. Persiapan dari sekarang untuk membantu kamu persiapan lebih matang bersama tim pakar kami. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *