Categories
Kedinasan Pendaftaran

Hal-hal Yang Perlu Diketahui Tentang TWK SKD Kedinasan

Apa sajakah materi TWK SKD kedinasan? Sekolah kedinasan merupakan sekolah tinggi yang bekerja sama dengan lembaga atau instansi pemerintah. Beberapa sekolah kedinasan memberlakukan sistem ikatan dinas dimana para lulusannya bisa langsung bekerja sebagai pegawai negeri di instansi-instansi tersebut.

materi twk skd kedinasan

Untuk itu, tidak heran jika seleksi masuk sekolah kedinasan sangat mirip dengan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Salah satu jenis tes yang diadakan untuk menyeleksi calon mahasiswa sekolah kedinasan adalah tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Apakah Tes SKD Itu?

Saat ini tes SKD menggunakan sistem computer-assisted test dimana tes dilakukan dengan menggunakan komputer. Soal-soal tes SKD berbentuk pilihan ganda dengan jumlah sekitar 110 butir soal. Durasi waktu untuk mengerjakan tes hanya 100 menit. Dengan kata lain, para peserta diharapkan dapat menyelesaikan 1 soal dengan jangka waktu kurang dari 1 menit.

Tes SKD dibagi menjadi 3 jenis soal yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Secara umum, TWK dipergunakan untuk mengetes wawasan kebangsaan calon mahasiswa sekolah kedinasan. Soal-soalnya tidak jauh dari masalah-masalah berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, TIU mencakup soal-soal yang mengetes tingkat intelegensi para calon mahasiswa. Soal-soal yang diberikan berkaitan dengan logika verbal, numerik, dan figural. Yang terakhir adalah TKP untuk mengetahui karakteristik personal, profesional, dan sosial, dari para calon mahasiswa.

Ikuti program lulus CPNS bersama bimbel CPNS terdekat dari Akademi CPNS terbaik.

Apa Sajakah Detail Materi dari TWK?

Lalu, apa sajakah materi TWK SKD kedinasan secara detail? Sekitar 30 butir soal akan diberikan untuk kategori TWK. Materi soal yang diberikan mengacu pada Permen PANRB No. 27/ 2021 tentang pengadaan pegawai negeri sipil di Indonesia.

Secara umum, materi TWK yang diberikan dalam tes memiliki tujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai sebagai berikut.

Yang pertama ialah nilai nasionalisme, dimana mahasiswa dan lulusan sekolah kedinasan diharapkan mampu mewujudkan kepentingan nasional serta tetap bertumpu pada identitas nasional.

Kedua, nilai integritas bangsa dengan selalu menjunjung tinggi kejujuran, komitmen, ketangguhan, dan konsistensi hingga tujuan nasional dapat terwujud.

Ketiga, terdapat nilai bela negara yang bertujuan agar para mahasiswa serta lulusan selalu berperan aktif dalam mempertahankan keberadaan dan kedaulatan bangsa dan negara.

Terakhir, tes TWK juga bertujuan untuk mengetahui wawasan peserta terkait pilar negara. Pilar negara Indonesia adalah Pancasila dan UUD 1945 yang diwujudkan di negara kesatuan Republik Indonesia serta menjunjung tinggi falsafah Bhinneka Tunggal Ika.

Nilai-nilai tersebut diterapkan melalui poin-poin soal. Setiap jawaban yang diberikan oleh peserta mencerminkan sampai sejauh manakah tingkat pemahaman mereka terkait dengan wawasan kebangsaan di tanah air. Tentu saja, semakin tinggi skor yang didapat, membuktikan bahwa peserta setidaknya cukup mengerti dengan nilai-nilai kebangsaan yang ada di Indonesia.

Apakah Anda berminat masuk ke sekolah kedinasan? Pastikan untuk mempelajari materi TWK SKD kedinasan ya? Ikuti bimbel TWK SKD kedinasan dari Akademi taruna untuk membantu anda berlatih lebih terfokus dan terarah.

Beri review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *