Categories
Informasi Kedinasan

Mengenal 6 Jenis Tes Masuk Kedinasan 2023

Buat para pejuang yang ingin lulus di sekolah kedinasan pastinya sudah harus mengetahui apa saja tes masuk kedinasan 2023 ini. Ujian tersebut akan dilaksanakan di instansi masing-masing dan setiap instansi terdapat ketentuan yang berbeda, jadi kamu mesti mengetahuinya.

Berikut point-point yang perlu kamu ketahui seperti :

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Seleksi Kompetensi Dasar atau disingkat SKD merupakan salah satu syarat yang kamu lewati untuk masuk kedinasan 2023. Ujian ini dilakukan dengan basis komputer dan dibagi dalam beberapa kelompok tes.

Kelompok tes yang dimaksud yaitu Tes Wawasan Kebangsaan(TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karateristik Pribadi (TKP).

2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Seleksi Kompetensi Bidang atau disingkat SKB merupakan seleksi lanjutan setelah SKD. Seleksi ini bertujuan menilai pengetahuan akan bidang ilmu yang dimana berkaitan dengan sekolah kedinasan tersebut.

Seperti kamu ingin masuk ke Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika/STMKG, maka kamu harus lulus SKB seperti materi Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris.

Dalam tes seleksi bidang ini akan berbeda di masing-masing sekolah kedinasan dan materi yang diujikanpun berbeda, maka dari itu kamu perlu persiapan matang dengan mengikuti bimbel kedinasan yang kompeten dan terbaik. Sehingga kamu lebih siap untuk mengikuti tes masuk Sekolah Kedinasan impian.

3. Tes Kesehatan

Tes Kesehatan menjadi point utama juga dalam seleksi masuk sekolah kedinasan. Tes ini dibagi menjadi 2 tahap yaitu di mulai sekitar penyelenggaraan SKD dan tahap kedua diakhir pada masa kesamaptaan.

4. Tes Psikologi

Ujian berikutnya yaitu tes psikologi atau disebut psikotes. Dalam tes ini menilai kondisi psikologi, integritas dan juga kejujuran dari para calon taruna/taruni. Dalam hal ini tes dilakukan dilembaga pemerintahan, misalnya di Biro SDM Polda atau bisa juga dilakukan secara online.

5. Tes Matematika

Tes di tahap kelima yaitu tes Matematika. Untuk kamu yang tidak menyukai matematika akan kesulitan di tahap ini karena ini menjadi point penting juga dalam tahap seleksi. Namun tes ini bisa ditemukan pada seleksi masuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik(STIS). Tes ini akan dilakukan bersamaan dengan psikotes sebagai bagian dari seleksi tahap II yang dilakukan secara online.

6. Tes kesamaptaan dan kebugaran

Inilah tes yang membutuhkan fisik yang prima. Tes ini meliputi tes lari, sit up, push-up, pull up, shuttle run, renang, dan yang lainnya. Tes satu ini akan dilakukan berbeda tergantung dari sekolah kedinasan terkait.

Demikian 6 tes masuk sekolah kedinasan 2023 yang wajib kamu ketahui agar nanti kamu bisa lebih mempersiapkan dengan baik.

PROMO PROGRAM BIMBEL SEKOLAH KEDINASAN 2023, Ambil Promo Sekarang

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *